MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Jokowi

Kahiyang melahirkan, Jokowi batalkan kunjungan kerja ke Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan sejumlah kunjungan kerjanya ke Kota Malang karena mendampingi kelahiran cucunya.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 1 Agustus 2018 19:27

Merdeka.com, Malang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan sejumlah kunjungan kerjanya ke Kota Malang, Jawa Timur, salah satunya di Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Presiden menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya melalui Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Muhadjir Effendy.

Menteri Muhadjir menyampaikan, Presiden tidak bisa hadir karena mendampingi kelahiran cucu keduanya dari putrinya, Kahiyang Ayu. Pembatalan disampaikan oleh Sekretariat Presiden Rabu (31/7) malam, saat Menteri Muhadjir dalam perjalanan ke Kota Malang untuk acara yang lain.

"Pembatalan, malam ketika di perjalanan, kemudian diganti oleh Pak Menteri Sekretaris Negara Pratikno, tetapi tidak bisa dan pada akhirnya yang berdiri adalah saya mewakili beliau," kata Muhadjir di arena Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gedung Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (1/8).

Muhadjir dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada IMM agar tidak berhenti mengawal keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ideologi Pancasila.

"Orang boleh memberikan penafsiran yang macam-macam, yang penting bahwa Indonesia ini dengan Pancasilanya adalah sebuah pilihan yang terbaik," tegasnya.

Kalau seandainya syahadat boleh ditambahkan, maka tidak ada negara kecuali negara kesatuan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan menghadiri sarasehan Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa di Kota Malang. Namun kehadirannya diwakilkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Pada akhir sambutannya, Menteri Tjahjo juga menyampaikan salam dari Presiden Jokowi yang batal menghadiri acara yang berlangsung di Gor Ken Arok Kota Malang tersebut.

"Salam hormat dari Bapak Jokowi yang seharusnya datang di dua acara di Malang, yaitu acara ini dan acara di Universitas Muhammadiyah Malang. Pagi ini Pak Karwo (Soekarwo) akan mendampingi Mendiknas yang mewakili Bapak Presiden di acara di UMM," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima kelahiran cucu keduanya dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Proses persalinan secara cesar berlangsung di Rumah Sakit YPK Menteng sekitar pukul 05.00 WIB. Cucu Jokowi lahir dengan berat badan kurang lebih 3,4 gram dan panjang 49 cm.

Baca juga:

(rwp)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG