MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Peristiwa

Kisah Sholeh hidup 10 tahun dengan harimau Benggala bernama Mulan

Abdullah Sholeh (35) hidup bersama seekor harimau jenis Benggala selama sekitar 10 tahun. Harimau betina itu diberi nama Mulan Jamilah.

Oleh: Siti Rutmawati 23 Mei 2017 15:27
Sholeh pemuda hidup dengan seekor harimau benggala

Merdeka.com, Malang - Abdullah Sholeh (35) bisa jadi satu-satunya manusia yang bisa hidup bersama seekor harimau. Pemuda di kabupaten Malang ini, hidup bersama seekor harimau jenis Benggala selama sekitar 10 tahun.

Harimau betina itu diberi nama Mulan Jamilah. Harimau itu sejak berusia tiga bulan sudah hidup bersama Sholeh di Kompleks Pondok Pesantren Al Kaffah desa Dilem, kecamatan Kepanjen, kabupaten Malang.

"Berinteraksi dengan Mulan sudah sekitar 10 tahun, dirawat sejak kecil, berusia tiga bulan. Dulunya sering digendong, tetapi sekarang sudah besar," kata Sholeh, Selasa (22/5).

Mulan saat ini menempati kebun seluas sekitar 1.000 meter persegi di sekitar kompleks pondok pesantren. Tanah tersebut dikeliling tembok setinggi sekitar lima meter. Pada bagian atas tembok, masih ditambah kawat tajam keliling tembok.

Sholeh pemuda hidup dengan seekor harimau benggala
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

 

Sebuah pintu besi berjeruji menjadi satu-satunya akses masuk ke kandang Mulan. Sebelum masuk ke kandang akan melewati sebuah ruang berjeruji besi berukuran 3 meter X 3 meter.

Sholeh sendiri tampak tenang memasuki kandang sambil memanggil-manggil Mulan. Seolah-olah memberi tanda pada karibnya, Sholeh merundukkan tubuhnya, seolah hendak menggendong.

Mulan pun muncul dengan wajahnya yang garang dengan berusaha meminta gendong. Kontan Sholeh menjatuhkan tubuhnya, lantaran berat tubuh Mulan yang menindihnya.

Sholeh pemuda hidup dengan seekor harimau benggala
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Kuku tajam Mulan pun tampak menyerang ke tubuh Sholeh, kendati semuanya dianggap sebagai sebuah canda tawa. Karena itu Sholeh melengkapi diri dengan kain tebal yang dililitkan di lehernya.

"Saya melindungi dengan kain yang dililitkan di leher. Karena Mulan senang bermain lekuk tubuh, terutama leher," katanya.

Sholeh memang terlihat melilitkan kain tebal yang panjang di lehernya hingga sebatas dada. Sementara celananya dijahit secara khusus, dengan dilapisi karpet di bagian dalam.

"Celana ini kaku karena di dalamnya saya kasih karpet yang biasanya warna biru itu. Kalau tidak, bisa hancur terkena kuku-kukunya," katanya.

Sholeh sehari-hari hidup bersama-sama dengan Mulan. Bahkan saat beratnya belum seperti sekarang, kerap menggendongnya layaknya kucing piaraan. Ia juga kerap tidur-tiduran 'bercanda' di pondokan dalam kandangnya.

Baca juga:

(sr)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG