MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Abah Anton

Kota Malang jadi Kota Peduli HAM, ini kata Abah Anton

Kota Malang menerima penghargaan Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dalam puncak peringatan Hari HAM Se-Dunia Ke-69 yang dipusatkan di Solo.

Oleh: Siti Rutmawati 11 Desember 2017 08:36
Kota Malang terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Merdeka.com, Malang - Kota Malang menerima penghargaan Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dalam puncak peringatan Hari HAM Se-Dunia Ke-69 yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12). Penghargaan diterima Wali Kota Malang, Moch Anton dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly di acara peringatan Hari HAM se-dunia tahun 2017 di Hotel The Sunan, Solo, Minggu (10/12).

Wali Kota Malang, Moch Anton mengatakan kondusifitas Kota Malang menjadi cermin bahwa HAM telah berjalan dengan baik. Seluruh elemen telah berperan dan memerankan diri dalam proses pembangunan.

"Atas itu semua dan penghargaan yang didapatkan Kota Malang bidang HAM, saya sampaikan terima kasih kepada jajaran Forkopimda dan segenap elemen yang ada di Kota Malang," kata Abah Anton, dalam keterangannya, Senin (10/12).

Keberadaan perguruan tinggi, sinergitas Forkopimda serta dialektika positif di antara organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan dan elemen lainnya menjadi pilar penting terjaganya nilai-nilai HAM.

Penganugerahan bidang HAM sendiri untuk Kota Malang sudah diraih ketiga kalinya secara berturut-turut.

Kota Malang terima Penghargaan Kota Peduli HAM
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Achmad Taufik Damanik, Ketua Komnas HAM menyatakan, kewajiban melindungi dan memberi jaminan HAM menjadi tanggung jawab bersama. Karena itu perlu kebijakan, termasuk dari Kepala Daerah untuk peduli dan berpihak pada HAM.

"Karena itu kota peduli HAM diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian pada HAM," ujar Damanik.

Penghargaan diberikan kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati yang memiliki komitmen dan kepedulian HAM. Selain Kota Malang, penghargaan serupa diterima oleh 232 daerah dari provinsi, kota dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 kategori cukup peduli HAM.

Kota Malang terima Penghargaan Kota Peduli HAM
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Sementara, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly mengatakan, peringatan Hari HAM se-dunia menjadi momentum refleksi guna mewujudkan tujuan negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya.

"Nawacita juga mengamanatkan agar negara hadir pada setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Acara peringatan Hari HAM Se-Dunia dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, staf khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah Kepala Daerah penerima penghargaan bidang HAM.

Baca juga:

(sr)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG