MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Abah Anton

Malang siap jadi tuan rumah konferensi kota kreatif

Malang sudah siap menjadi penyelenggara Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) pada 30 Maret hingga 5 April 2016.

Oleh: Anwar Khumaini 28 Maret 2016 13:54

Merdeka.com, Malang - Kota Malang yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) ke-2 yang penyelenggaraannya dimulai pada tanggal 30 Maret sampai dengan 5 April 2016. Penyelenggaraan ICCC ke-2 yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf), Jaringan Kabupaten Kota Kreatif se-Indonesia (JK3I), Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang) dan forum komunitas kreatif Kota Malang yang tergabung dalam Malang Creative Fusion (MCF), merupakan forum ajang berbagi pengalaman, informasi dan pengembangan potensi dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif daerahnya.

Selain hal tersebut, juga diharapkan adanya networking (jaringan) dan kolaborasi antara komunitas kreatif antar daerah serta sinergitas program antara JK3I dan komunitas kreatif di daerah.

"Dengan tema konferensi, yaitu : The road towards sustainable creative cities of Indonesia atau Menuju Kota Kreatif Indonesia yang Berkelanjutan, maka diharapkan bahasan konferensi nantinya akan memberikan pedoman bagi kabupaten atau kota di Indonesia dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam rangka Pengembangan Kota Kreatif yang difokuskan kepada potensi/keunggulan daerah," kata Walikota Malang Moch Anton di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa (15/3).

Kota Malang, menurut Anton telah siap untuk melaksanakan perhelatan ICCC ke-2 ini. Sebagai kota besar ke-2 di Jawa Timur, Kota Malang memiliki fasilitas akomodasi pendukung yang dibutuhkan dan cukup memadai untuk memfasilitasi kebutuhan para peserta konferensi dari seluruh Indonesia bahkan dari beberapa negara lain yang direncanakan akan hadir, yaitu delegasi dari Fuqing (Tiongkok) dan Varasdin (Kroasia).

"Di Kota Malang terdapat 5 hotel berbintang 5, 10 hotel berbintang 4 dan 8 hotel berbintang 3 serta 4.000 kamar yang tersedia dari hotel dan guest house yang sekiranya dapat menampung para peserta delegasi dari luar daerah," ujarnya.

Perhelatan ICCC ke-2 ini menurut Anton juga bertepatan dengan berlangsungnya HUT Kota Malang ke-102 yaitu pada tanggal 1 April 2016. Sehingga diharapkan kemeriahan penyelenggaraan ICCC ini akan bertambah dengan adanya kemeriahan HUT Kota Malang.

Adapun beberapa event yang telah disiapkan untuk para peserta konferensi dan para pengunjung serta penggembira konferensi, antara lain :
1. Festival Hackathon pada tanggal 30 s.d. 31 Maret 2016 bertempat di Digital Lounge Telkom, Jl. Basuki Rahmat - Malang;
2. Malang City EXPO ICCC Expo yang berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 5 April 2016 bertempat di halaman luar Stadion Gajayana Malang;
3. Festival Mural yang berlangsung pada tanggal 3 April 2016 bertempat di halaman luar Stadion Gajayana Malang;
4. Festival Kuliner yang berlangsung pada tanggal 3 April 2016 bertempat di Kampung Keramik Dinoyo;
5. Fashion on the Street yang berlangsung pada tanggal 3 April 2016 bertempat di Jl. Simpang Balapan - Malang.

"Besar harapan kami pada penyelenggaraan ICCC ke-2 ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, sebagaimana telah disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi, yaitu :
Era ekonomi kreatif, harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia," demikian ujar Anton menirukan Presiden Jokowi.

Keberhasilan dan kemajuan suatu kota kreatif, imbuhnya tidak terlepas dari dukungan dan kolaborasi dari akademisi, komunitas, birokrasi dan pebisnis yang tersistem dalam quadro helix. Dan tentunya juga dibutuhkan keberadaan mass media yang mempunyai peran pada promosi dan publikasi serta edukasi ke masyarakat untuk pengembangan kota kreatif ke depan.

"Dengan demikian jalinan kerjasama penta holix sangat dibutuhkan tidak hanya pada pengembangan kota kreatif ke depan, tetapi juga pada saat pelaksanaan ICCC ke-2 di Kota Malang pada tanggal 30 Maret s.d. 5 April 2016 ini," tutup Anton.

(rwp/ak)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG