MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Kota Malang

Moratorium pembangunan jalan layang tak pengaruhi tol Malang-Pandaan

Moratorium pembangunan insfrastruktur jalan layang yang terjadi ternyata tidak mengganggu pembangunan proyek jalan tol Malang - Pandaan.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 26 Februari 2018 08:12

Merdeka.com, Malang - Penghentian sementara (moratorium) pembangunan insfrastruktur jalan layang yang terjadi ternyata tidak mengganggu pembangunan proyek jalan tol Malang - Pandaan (Mapan). Dilansir dari Antara, hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo.

"Saat ini tidak ada pengerjaan proyek jalan layang di kawasan Tol Mapan, bahkan pengerjaan jalan layang di dua titik tol Mapan sudah selesai dilakukan sebelum pemerintah mengeluarkan kebijakan moratorium itu," jelas Agus Purnomo.

Agus menyebut bahwa dalam proyek pembangunan di sepanjang jalan tol Mapan tidak ada pengerjaan jalan layang. Hal inilah yang membuat kebijakan moratorium ini tidak sampai mengganggu proyek jalan tol Malang-Pandaan.

Saat ini, konstruksi yang sedang dikerjakan adalah adalah pengerasan tanah, pemasangan box culvert, juga pembangunan interchange. Sedangkan untuk pembangunan jembatan dalam proyek ini, hal itu disebutnya sudah selesai.

"Ada pembangunan jembatan yang cukup besar di Sukorejo dan Purwodadi, tetapi itu sudah selesai," tuturnya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi mendesak agar dilakukan percepatan pembangunan Tol Mapan.

"Saya minta pembangunan jalan Tol Mapan ini dipercepat. Target penyelesaiannya akhir tahun ini, tapi kalau bisa September sudah bisa dioperasikan secara fungsional," ujarnya.

Wahid mengaku bahwa saat ini masih ada kendala dalam pembebasan lahan. Di Kota Malang sendiri terdapat 51 bidang yang belum terselesaikan dan harus segera dikebut agar konstruksi fisik tol bisa langsung dikerjakan bisa selesai tepat waktu.

"Untuk menyelesaikan seksi V Kota Malang dibutuhkan waktu lima bulan, artinya bulan September mendatang konstruksi sudah terbangun dan tol bisa dioperasikan," katanya.

Jalan Tol Mapan sendiri memiliki panjang 38,488 kilometer yang terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi I Pandaan - Purwodadi (15,457 Km), Seksi II Purwodadi - Lawang (8,05 Km), Seksi III Lawang - Singosari (7,10 Km), Seksi IV Singosari - Pakis (4,75 Km), dan Seksi V Pakis - Kota Malang (3,113 Km).

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG