MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Abah Anton

Pekan keterampilan dan seni sambut kehadiran Ramadan

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) digelar Kementrian Agama Kota Malang jelang ramadan 2017 ini.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 26 Mei 2017 09:05

Merdeka.com, Malang - Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) digelar Kementrian Agama Kota Malang. Acara digelar dalam rangka menyambut kehadiran Ramadan yang akan datang dalam beberapa hari lagi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Zaini mengatakan, acara digelar juga dalam rangka seleksi untuk kejuaraan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat nasional.

"Acara diikuti siswa didik mulai jenjang PAUD/TK sebanyak 150 peserta, SD 300 peserta, SMP 400 peserta dan 500 peserta dari SMA/ SMK, gelaran Pentas PAI juga untuk menyambut Ramadan," ujar Zaini, di SMA Negeri 8 Malang, Kamis (25/5).

Sementara itu, Walikota Malang Moch Anton mengingatkan, era global akan membawa konsekuensi masuknya pengaruh negatif budaya asing. Generasi muda menghadapi tantangan berat menjaga nilai-nilai agama.

"Jangan sampai anak-anak kita semakin terasing dengan budaya sendiri dan makin jauh dari nilai-nilai Islam. Maka mereka harus dibekali dengan pendidikan seni dan budaya yang memadai secara berkelanjutan dan tiada henti, seperti pola giat pentas seni PAI ini," ujar Abah Anton.

Hal serupa disampaikan Kapala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah. Pihaknya menyambut positif kegiatan yang diprakarsai Kemenag, terlebih peserta menyasar sekolah-sekolah umum yang notabene non-madrasah.

"Sehingga ini menguatkan pola pembelajaran agama dan mendorong kemampuan pemahaman anak didik bukan sekadar kemampuan akademis namun juga mempraktekkannya," tutur Zubaedah.

Pentas Seni PAI melombakan 18 jenis lomba antara lain seni kaligrafi, tilawah, pidato, hafizs, desain busana, ceramah atau pidato, cerdas cermat, puisi, debat dan ragam seni bernuansa islami lainnya.

Baca juga:

(rwp)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG