MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Pemkot Malang

Pemkot Malang Fasilitasi Transportasi Daerah Bagi Jamaah Calon Haji Kota Malang

Sebanyak 27 bus bagi 1.184 orang CJH yang akan berangkat menuju Embarkasi Sukolilo Surabaya pada 11 dan 12 Juli 2019.

Oleh: Zain M 21 Juni 2019 15:31
Walikota Sutiaji

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kota Malang memfasilitasi transportasi daerah bagi Jamaah Calon Haji (CJH) asal Kota Malang. Sebanyak 27 bus bagi 1.184 orang CJH yang akan berangkat menuju Embarkasi Sukolilo Surabaya pada 11 dan 12 Juli 2019.

Hasil rapat koordinasi persiapan pemberangkatan CJH, Rabu (19/6) di Hotel Pelangi, Pemkot melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kota Malang telah menyiapkan armada. CJH yang terbagi dalam kloter 15, 16 dan 17 juga akan mendapat fasilitas 3 unit truk untuk pengiriman tas dan koper.

"Kami berharap apa yang telah disiapkan oleh Pemkot Malang tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi para jamaah haji sehingga ibadahnya pun menjadi lebih khusyuk" kata Walikota Malang, Sutiaji, Kamis (20/6).

Walikota Sutiaji juga menegaskan, pelayanan terbaik selalu menjadi prioritas Pemkot Malang untuk masyarakat di bumi Arema.

Burhanudin, Humas Kementrian Agama (Kemenag) Kota Malang mengatakan, para calon jamaah haji mulai menjalani pemantapan melalui manasik haji. Para CJH menjalani manasik mulai 15-23 Juni terbagi dalam setiap rayon kecamatan.

"Masing-masing calon jamaah haji menjalani 8 kali manasik dengan 7 kali teori dan satu kali praktik," kata Burhanudin, Rabu (19/6).

Keseluruhan persiapan dari urusan visa, kesehatan dan lain sebagainya sudah dinyatakan siap. Mereka tinggal teknik menunggu keberangkatan sesuai dengan jadwal.

"Persiapan utama kan bekal untuk ibadahnya, manasik kita mantapkan. Tujuannya untuk kemandirian jamaah haji itu sendiri. Kalau sudah mandiri, dapat melaksanakan dengan maksimal, kalau yang lain-lainnya sesuai dengan administrasi keberangkatan," jelasnya.

Jumlah CJH dan petugas asal Kota Malang Tahun 2019 sebanyak 1.326 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni 15, 16 dan 17 yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 11, 12 dan 17 Juli 2019. CJH akan diberangkatkan dari Lapangan Ki Angmor Dam V/Brawijaya di Rampal Kota Malang.

Saat kepulangan dari Surabaya ke Malang, Pemkot Malang juga menyediakan fasilitas serupa berupa 36 bus. Para jamaah haji dijadwalkan tiba di Kota Malang pada 21 Agustus 2019.

(zm/zm)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG