MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Kesehatan

Perhatikan kesehatan pelajar, Pemkab Malang wujudkan Kabupaten UKS/M

Bupati Malang, Rendra Kresna, mengimbau agar keberadaan UKS/M benar-benar digunakan sebagai media

Oleh: Siti Rutmawati 24 Mei 2017 18:07
Bupati Malang, Rendra Kresna

Merdeka.com, Malang - Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah (UKS/M) tampaknya mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Bupati Malang, Rendra Kresna, mengimbau agar keberadaan UKS/M tak hanya sekedar menjadi formalitas. Melainkan, benar-benar digunakan sebagai media untuk meningkatkan derajat kesehatan.

"apalagi pelakunya nanti anak-anak kita yang bakal jadi generasi penerus bangsa," tutur Rendra.

Hal tersebut disampaikan Rendra saat membuka acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk mewujudkan Kabupaten Malang UKS/M 2017, Rabu (24/5) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Lebih lanjut, Rendra menerangkan, peranan para pemerhati pendidikan maupun di bidang kesehatan untuk selalu bersinergi dengan masyarakat luar. Salah satunya terkait makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak di lingkungan sekolah.

"Budaya kantin sehat di dalam sekolah itu memang harus betul-betul diadakan, meskipun anak-anak juga tidak bisa kita cegah membeli makanan dari luar sekolah. Untuk itu, sinergikan dengan masyarakat untuk ikut mengoptimalkan atau mensosialisasikan UKS/M," himbau Rendra.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang, R. Taufiq Hidayat menjelaskan, capaian hasil pelaksanaan UKS/M sangat bervariasi, utamanya menyangkut tiga komponen, yakni sumber daya manusia, manajemen dan sarana prasarana.

"Sebagaimana yang sudah dicanangkan Bupati Malang pada 21 Oktober silam, bahwa Kabupaten Malang sebagai Kabupaten UKS/M diharapkan semua pemangku kepentingan dan pemangku kebijakan memiliki tekad dan semangat mempercepat pencapaian tujuan program tersebut," terang Taufiq.

Perlu diketahui, berdasar hasil lomba UKS Provinsi Jatim 2016, SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang, Kabupaten Malang, berhasil meraih Juara I lomba UKS/M kategori Sekolah Luar Biasa se-Jawa Timur. Selain itu, SMPN I Wajak juga meraih juara II kategori Sekolah Menengah Pertama/MTs se-Jawa Timur.

Sosialisasi Kabupaten Malang sebagai Kabupaten UKS/M sudah menyebar di 33 kecamatan. Namun, salah satu program TP-UKS/M yang belum terwujud adalah pembuatan tugu UKS/M di Jalur Lintas Barat Kepanjen sebagai sarana promosi UKS/M di Kabupaten Malang.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG