MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Pemkot Malang

Sutiaji: Hanya dengan Persatuan Kita Dapat Wujudkan Cita-cita Bangsa

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 mengambil tema Bersatu Kita Maju.

Oleh: Zain M 29 Oktober 2019 15:00
Pemkot Malang Peringati Hari Sumpah Pemuda 2019
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 mengambil tema Bersatu Kita Maju. Peringatan tonggak sejarah perjuangan para pemuda ini digelar di halaman Balaikota Malang, Senin (28/10).
 
"Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," kata Sutiaji, Walikota Malang saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Senin (28/10).
 
Walikota Sutiaji membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Katanya, bahwa semangat persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan dalam lewat peringatan Sumpah Pemuda.
 
"Karenanya, saya berharap agar semangat persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan. Tahun 1928 harus menjadi momentum untuk kita dalam mengisi kemerdekaan. Tanpa kita bersatu maka akan sulit bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini," tambahnya.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Pemkot Malang 2019
© 2019 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

 
Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. 
 
Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skil kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.
 
"Tantangan yang akan kita hadapi juga semakin besar, utamanya dalam memasuki era digitalisasi. Pemuda dituntut untuk berkarakter sebagai wujud pembangunan sumber daya manusia yang unggul," tandasnya. 
 
Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada masyarakat peduli arsip, pemuda pelopor, pertunjukan rakyat Jatim Kominfo Festival 2019, serta penghargaan Asean Eco Schools Award 2019.

(zm/zm)

Laporan: Darmadi Sasongko

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG