MALANG
  1. MALANG
  2. KABAR MALANG
Info Kota

Wawali Sutiaji: Kesehatan reproduksi remaja sangat penting

Wawali Sutiaji membuka langsung seminar bertajuk "Kesehatan Reproduksi Remaja" di ruang serbaguna RS Hermina Tangkuban Perahu, Malang.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 9 November 2016 17:07

Merdeka.com, Malang - Pada rabu (9/11), Wakil Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, membuka seminar bertajuk "Kesehatan Reproduksi Remaja" di ruang serbaguna RS Hermina Tangkuban Perahu. Dalam sambutannya, Sutiaji, mengatakan bahwa pembahasan masalah reproduksi di masyarakat saat ini masih terhambat paradigma 'tabu' yang melekat. Sehingga, banyak orang yang enggan membicarakan masalah itu, padahal sebagai sebuah pengetahuan sangat penting.

"Edukasi di masyarakat kita masih sangat lemah," kata Sutiaji.

Sutiaji menambahkan bahwa seminar yang dilakukan dengan mendatangkan para Dewan Pengajar tingkat SMA, Kader Posyandu dan stake holder lainnya ini sangat bermanfaat. Harapannya, hasil yang diperoleh dari seminar ini bisa ditularkan kepada masyarakat lain.

"Jadikan pertemuan ini sebagai viral, jadikan virus yang positif di masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu direktur RS Hermina, dr. Zulkarnain Pohan, mengatakan, para peserta yang kebanyakan terdiri para guru itu harus memiliki komitmen bersama untuk menularkan hal positif yang ada dalam seminar ini.

"Kalau kita tidak punya komitmen untuk menularkan hasil seminar ini pada tempatnya masing-masing tidak ada gunanya," kata Zulkarnain

Ketua Himpunan  Obstetri Ginikologi Sosial (OGS) dr. Mulyohadi Sungkono, Sp.OG (K), mengatakan problematika permasalahan remaja yang saat ini terjadi sangat membahayakan generasi penerus bangsa tersebut. Kebiasaan menerima informasi dan mengakses beberapa hal negatif dapat mengganggu sistem reproduksi remaja.

"Banyak hal yang harus kita perbaiki dari remaja, dan itu butuh peran kita bersama," kata Mulyohadi.

Dia mencontohkan, banyaknya pasien remaja yang hamil muda dan keguguran dikarenakan kurangnya informasi kepada para remaja akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.

Baca juga:

 

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG