MALANG
  1. MALANG
  2. KOMUNITAS
Event

Geliat Networking startup, bangun integritas dengan cara unik

Tahap Networking Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, bangun integritas founder melalui sebuah permainan seru. Simak di sini!

Oleh: Siti Rutmawati 25 Februari 2017 20:04

Merdeka.com, Malang - Program Gerakan 1000 Startup Digital terus menunjukkan geliatnya dalam merangsang pertumbuhan enterpreneur muda, khususnya di kota Malang. Kembali menyedot perhatian, melalui tahapan Networking, program ini memberikan kesempatan kepada para startup muda untuk menjaring relasi dan kolaborasi. Networking volume tujuh ini digelar di Ngalup.co, yakni sebuah co-working space anyar di bilangan kota Malang.

Danton Prabawanto saat Networking Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Gelaran Networking ini fokus pada dua tema utama, yakni Validasi Ide, dan Upper The Line Mentality. Materi tersebut disampaikan Danton Prabawanto, CEO Beon Intermedia dalam tiga sesi acara. Danton menjelaskan, Networking kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman untuk menjadi the winner founder.

"Seharian ini kita membahas menjadi founder yang pemenang itu seperti apa seh? Karena sebelum kita ngomong ide, atau produk apa, person atau founder itu sangat berpengaruh sentral terhadap keberhasilan sebuah startup," kata Danton kepada merdeka.com, Sabtu (25/2).

Networking Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Tiga hal utama yang ingin disampaikan tersebut yakni, visi diri, pengaruh integritas terhadap keberhasilan sebuah startup, dan pengendalian diri. Danton menilai, tiga hal tersebut merupakan dasar bagi seorang founder untuk menjadi startup yang berhasil.

"Berhasilnya suatu startup itu, tidak hanya bergantung dari ide apa. Karena, ide bisa kapan aja muncul. Ide bisa dari mana aja, tapi kualitas orangnya sebagai founder akan menentukan keberhasilannya," papar Danton.

Melirik pada kegiatan Networking, sebuah game yang dimainkan peserta saat sesi kedua berlangsung, terlihat mampu menghidupkan suasana. Permainan terlihat sederhana, namun mampu merangsang peserta membangun kedekatan satu sama lain. Permainan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pengaruh integritas terhadap keberhasilan sebuah startup.

Networking Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

"Kita belajar dari game, bagaimana ketika integritas itu dilanggar ketika itu tidak ada, kepercayaan akan menghilang dan ekosistem akan menjadi rusak. Sehingga founder yang pemenang, dia harus memiliki integritas. Apa yang diucapkan, apa yang disepakati, komitmen apa yang sudah mereka buat harus dilaksanakan," tandas Danton.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sendiri dijalankan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020. Dengan mendirikan 1000 startup, diharapkan mampu menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG