MALANG
  1. MALANG
  2. KOMUNITAS
Komunitas

Jambore AXIC 2018 di Lawang sahkan 17 cabang baru

Jambore nasional AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) 2018 berakhir manis di Lawang, Malang, Jawa Timur, pada akhir pekan lalu (16-17/2).

Oleh: Rizky Wahyu Permana 25 Februari 2018 16:16

Merdeka.com, Malang - Jambore nasional AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) 2018 berakhir manis di Lawang, Malang, Jawa Timur, pada akhir pekan lalu (16-17/2). Selain dihadiri sekitar 457 anggota dari chapter dan cabang di Pulau Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, jambore ke-6 ini juga mengesahkan 17 cabang baru lewat mekanisme rapat anggota istimewa (RAI).

"Total ada 17 cabang baru AXIC yang disahkan oleh para ketua chapter dan cabang yang hadir di jambore lewat RAI. Cabang baru ini sebenarnya sudah eksis di daerahnya masing-masing, tapi baru disahkan lewat RAI di jambore tahun ini," ujar Chairul M Putra, Ketua Umum AXIC, dalam keterangan pers.

Putra menjelaskan ke-17 cabang baru tersebut adalah Raja Ampat, Sorong, dan Jayapura dari Pulau Papua. Kemudian Sidrap dan Pinrang di Sulawesi Selatan, serta Batam dan Prabumulih di Sumatara. Di Pulau Jawa, banyak cabang baru pula, antara lain Cianjur-Puncak, Blora, Kudus, Trenggalek, Jember, Tulungagung, Magelang-Kedu, dan Madura. Sementara di Kalimantan ada cabang Banjarmasin dan Samarinda.

Acara dua tahunan ini ini juga menyajikan kegiatan kontes mobil dan lomba car limbo, serta kegiatan sosial bersama 150 anggota Legiun Veteran RI (LVRI) Malang. Kepada para pejuang kemerdekaan republik ini, komunitas AXIC memberikan bingkisan sembako dan uang tunai sebagai wujud kepedulian sosial kepada para veteran.

"Kontes mobil total menyediakan piala di 40 kategori, kemudian ada pula kontes khusus anggota AXIC terdiri dari kategori Best damn low, Best engine test, dan Best interior. Lomba car limbo selama dua hari berturut-turut sangat memeriahkan kegiatan jambore tahun ini," ungkap Putra.

Acara jambore AXIC ini juga dihadiri langsung oleh Kapolsek Lawang Kompol Gaguk Sulistiyo dan Camat Lawang Wahyu Widodo SH. Turut hadir pula perwakilan sponsor dan mitra media AXIC, seperti Toyota Indonesia, Mandiri Utama Finance, Pertamina Fastron, JNE Express, Auto2000, Daihatsu Indonesia, TAF, Bridgestone, Garda Oto, dan Sanqua.

"Jambore nasional tahun ini membuktikan perkembangan AXIC sangat luas ke seluruh Indonesia, berdasarkan jumlah anggotanya yang tersebar mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Kami sebagai pengurus pusat berkomitmen untuk terus membuat kegiatan skala nasional di seluruh Indonesia supaya anggota kami di daerah dapat pula merasakan kegiatan besar yang dilakukan oleh pengurus pusat," ujar Putra.

Kegiatan-kegiatan selama jambore 2018 ini memiliki konsep tiga pilar AXIC, yakni otomotif, keluarga, dan sosial. Misalnya untuk pilar otomotif, diwakili dengan kegiatan kontes mobil, lomba car limbo, dan bazar bagasi. Pilar keluarga dilakukan dengan kegiatan kopi darat chapter dan cabang di seluruh Indonesia, dan pilar sosial lewat kegiatan bakti sosial bersama LVRI Malang.

Saat ini jumlah anggota AXIC di seluruh Indonesia lebih dari 5.600 ID. Berawal dari kopi darat para pemilik mobil di kawasan Senayan pada 13 tahun silam, kini AXIC menjelma menjadi salah satu klub besar dan disegani di Tanah Air. AXIC juga klub otomotif resmi karena memiliki keanggotaan IMI DKI Jakarta No 09-111.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG