MALANG
  1. MALANG
  2. KOMUNITAS
Komunitas

Mengintip geliat Malang Sub Pop, hidupkan aroma musik pop indie

Oleh: Siti Rutmawati 22 September 2016 00:27
© facebook.com/malang sub pop

Malang Sub Pop, lahir dari sebuah Telepop
Sebelum Malang Subpop berdiri, Aga dan kawan pecinta musik indie lainnya sebenarnya telah menggelar sebuah event musik tahunan yang dinamai dengan telepop. Telepop pertama kali dihelat tahun 2006 silam.

"Pertahunnya itu ada perkumpulannya anak-anak indie itu bikin band lokal, terus main, itu namanya telepop. Asal-muasalnya Malang Sub Pop itu kita ambil dari situ", tutur Aga.

Telepop sendiri digelar dalam rangka mendongkrak gairah bermusik sekaligus kreativitas pemusik indie di Malang.

"Awalnya ya kumpul temen-temen main, temen-temen band, ngumpul-ngumpul terus bikin-bikin acara. Dalam bikin acara itu kita selalu berpikir nanti kedepannya gimana ya?", kenang pria bersuara merdu tersebut.

Keinginan untuk membuka gerbang kreativitas bagi pecinta musik indie itulah yang kemudian menjadi benih kelahiran Malang Sub Pop. Kini Telepop telah melahirkan banyak kreasi di mana, setiap edisinya menyuguhkan presentasi karya musik yang dipayungi oleh Malang Subpop.

Mei lalu, perhelatan Telepop ke-7 yang mengusung title telepopvision berhasil di gelar di Laughboratorium/Komika, Jl. Jakarta 34, Malang. Acara tahunan yang dihelat Malang Sub Pop tersebut menampilkan band yang sudah tak asing dalam musik indie. Sebut saja, Young Savages, Folkapolka, Megathruh, Chamomile, Jenar, Much, Coldiac, The Morning After, dan lainnya.

Penamaan Sub Pop sendiri sebenarnya diambil dari nama sebuah label record. Sub pop merupakan sebuah label rekaman yang didirikan tahun 1986 oleh Bruce Pavitt dan Jonathan Poneman di Seattle, Washington. Label musik Sub Pop meraih masa keemasannya pada era tahun 1980-an dengan meluncurkan band-band ternama
seperti Nirvana, Soundgarden, Mudhoney, dan lainnya.

Seolah mengulang kebarhasilan label Sub Pop, keberadaan Malang Sub Pop pun memberi angin segar dalam kancah musik indie di Malang. Ini terlihat pada kegiatannya yang aktif mewadahi dan memperkenalkan talenta lokal Malang yang layak untuk dibanggakan.

Ingin ikuti kegiatan Malang Sub Pop? Kamu bisa hunting informasinya langsung melalui akun sosial media Malang Sub Pop berikut ini:
Facebook: Malang Sub Pop
Ig: malangsubpop

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG