MALANG
  1. MALANG
  2. KULINER
Makanan Khas Malang

5 Makanan khas kota Malang

Lima makanan ini menjadi ciri khas dari kuliner kota Malang yang dikenal di seantero Nusantara.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 3 Mei 2016 07:00

Merdeka.com, Malang - Malang merupakan salah satu kota di indonesia yang sangat terkenal karena kekayaan dan kelezatan kuliner yang dimilikinya. Kota ini selalu identik dengan salah satu makanan favoritnya yaitu bakso Malang. Namun ternyata selain bakso, terdapat empat makanan lain yang sangat khas dari kota Malang. Berikut lima makanan khas kota Malang yang dapat mengundang selera Anda.

Infografis 5 makanan khas Malang
© 2016 merdeka.com/merdeka.com

 

1. Bakso


Bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat khas dari kota Malang dan disukai oleh banyak orang. Bakso asli Malang memiliki ragam isi yang cukup khas yaitu berupa bakso atau pentol halus, pentol kasar atau biasa disebut tim, gorengan, mie kuning, dan tahu. Selain itu biasanya juga disajikan lontong sebagai teman makan bakso. Cita rasa yang khas dari bakso Malang membuat makanan ini menjadi favorit bagi banyak orang dan dapat dengan mudah ditemui di kota Malang sendiri.

2. Orem-orem


Orem-orem adalah sebuah makanan yang sangat khas dari kota Malang. Masakan yang memiliki kuah santan ini memiliki bahan dasar berupa irisan tempe dan tahu. Beberapa orang juga menambahkan ayam pada orem-oremnya. Makanan ini biasa disajikan dengan ketupat serta diberi tambahan tauge di atasnya. Makanan ini serupa dengan jangan atau sayur lodeh hanya saja dengan rasa yang lebih pedas dan isian yang berbeda.

3. Cwie Mie


Cwie mie merupakan varian masakan berbahan dasar mie asli dari Malang. Cwie Mie atau biasa disebut sebagai pangsit mie memiliki perbedaan yang paling besar dengan mie ayam karena topping ayam yang dicacah dan kemudian dihancurkan hingga lembut. Secara rasa juga terdapat perbedaan antara cwie mie yang cenderung asin dengan mie ayam yang cenderung manis. Biasanya terdapat juga siomay goreng atau pangsit yang disajikan bersama dengan semangkuk cwie mie ini.

4. Soto Kampung


Sama seperti daerah lain, kota Malang juga memiliki varian sotonya sendiri. Di Malang jenis soto ini lebih dikenal sebagai soto kampung dan warung yang paling terkenal adalah depot soto Lombok. Yang membedakan soto ini adalah kuahnya yang sedikit kental dengan taburan koyah serta isi soto yang berupa telur rebus, kentang rebus, tauge, dan ayam kampung. Jenis soto yang berbeda ini menjadikan varian soto kampung sebagai sebuah makanan khas Malang.

5. Nasi Mawut


Bagi banyak orang Malang, mungkin makanan satu ini tidak dianggap spesial dan merupakan sesuatu hal yang khas Malang, tetapi nasi mawut merupakan salah satu makan yang dan pertama kali diciptakan di Malang serta tidak banyak ditemui di daerah lain. Nasi mawut adalah nasi goreng yang dibuat berasama aneka sayur, lauk, serta mie. Bentuk dari mie tersebut yang penuh isi dan berantakan lah yang menyebabkan munculnya istilah nasi mawut pada masakan tersebut.

Itu lah lima makanan khas yang harus segera dicoba ketika mengunjungi kota Malang.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG