MALANG
  1. MALANG
  2. KULINER
Kuliner

Deretan kuliner yang wajib nongol di Pasar Takjil, apa saja?

Seolah tak pernah absen, sederetan kuliner ini wajib nongol di Pasar Takjil. Kalau favorit kamu yang mana?

Oleh: Siti Rutmawati 16 Juni 2017 16:24
Bubur Sum Sum

Merdeka.com, Malang - Selalu memikat dengan aneka kuliner berbuka puasa, pasar takjil memang menjadi jujukan ngabuburit yang cukup diminati selama Ramadan. Sederetan pasar takjil di kota Malang pun siap menyambut pelanggannya dengan aneka pilihan minuman dan makanan untuk melepas dahaga dan lapar, setelah seharian berpuasa. Mulai dari pasar takjil Jalan Soekarno Hatta, Jalan Sulfat, Sawojajar hingga di Jalan Sarangan.

Nah, berbicara soal makanan dan minuman berbuka puasa, sederetan menu kuliner ini tak pernah absen dari meja penjual di Pasar Takjil. Penasaran apa saja?

1. Berbagai jenis minuman dingin

Resep Es Blewah
© instagram.com/stefkurniadi/instagram.com/stefkurniadi

Memuaskan dahaga setelah seharian berpuasa, minuman dingin nampaknya menjadi menu populer yang selalu diburu masyarakat. Tak heran, jika minuman dingin ragam rupa dan rasa, dapat ditemukan dengan mudah di manapun, termasuk di Pasar Takjil. Beragam kreasi minuman dingin pun bisa dicicipi, mulai dari ice blended, es buah, es campur, es cincau, es blewah dan lainnya.

Namun, saat membeli minuman dingin ini, kamu juga harus waspada. Terkadang, masih ada penjual nakal yang menggunakan pemanis buatan untuk minuman yang dijajakannya. Karena itu, kamu harus lebih teliti dalam memilih minuman dingin yang sesuai untuk menu berbuka.

2. Aneka jenang

Bubur Sum-Sum
© noble-house.tk/noble-house.tk

Selain minuman dingin, jenang alias bubur juga menjadi menu yang cukup diburu untuk berbuka puasa. Beberapa jenis bubur yang umum ditemukan di Pasar Takjil seperti, bubur sum-sum, bubur gerandul, bubur ketan hitam, dan bubur kacang hijau. Selain nyaman di perut, seporsi jenang ini terbilang cukup mengenyangkan.

Menu takjil ini sangat pas buat kamu yang terbiasa mengonsumsi makan besar setelah melaksanakan ibadah salat tarawih. Karena, makanan yang satu ini sanggup menunda rasa lapar untuk beberapa saat.

3. Ragam jajanan kaki lima

Sempol Malang
© mangcook.com/mangcook.com


Beberapa jajanan kaki lima memang sangat mudah ditemukan di jalanan kota Malang, seperti sempol, cilok, cilok bakar, dan batagor. Selalu dicari, ragam jajanan kaki lima ini pun selalu nongol di Pasar Takjil. Meskipun tak mampu menghilangkan dahaga, namun jajanan kaki lima ini sangat ampuh untuk meredam perut yang lapar.

4. Kue basah

Kue Basah
© inforesepku.com/inforesepku.com


Kendati jarang dipilih sebagai menu berbuka puasa, namun penjaja kue basah bisa dibilang wajib hadir di pasar takjil. Berbeda dengan menu takjil lainnya, menu ini seringkali dipilih sebagai kudapan pasca melaksanakan ibadah tarawih. Khususnya, bagi orang-orang yang memilih langsung mengonsumsi makanan besar sebelum melaksanakan ibadah salat tarawih.

5. Kurma

Lawang Agung Malang
© 2016 merdeka.com/Siti Rutmawati

Kalau buah yang satu ini jangan ditanya. Menjadi menu berbuka yang dianjurkan agama Islam, kehadiran bulan Ramadan memang identik dengan buah kurma. Beragam jenis kurma pun dijajakan di Pasar Takjil. Mulai dari kurma curah, hingga kurma yang sudah diporsi dalam bungkus mika. Selain lezat, buah kurma ini memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, itulah sederetan kuliner yang wajib nongol di Pasar Takjil. Kalau kamu suka yang mana?

(sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG