MALANG
  1. MALANG
  2. KULINER
Kuliner

Mencicipi gurihnya sambal ulek Warung Lalapan Mbak Mud

Mampir di Warung Lalapan Mbak Mud, ada sambal ulek gurih yang bakal bikin kamu ketagihan. Cicip, yuk!

Oleh: Siti Rutmawati 21 Juli 2017 19:12
Lalapan Sambal Ulek Mbak Mud

Merdeka.com, Malang - Sekilas tak ada yang istimewa dari warung makan yang terletak di sekitar Flyover Arjosari, Kota Malang ini. Pengunjung yang tampak tak begitu ramai pun seolah menunjukkan bahwa tak ada yang menarik dari warung bertuliskan 'Warung Lalapan Mbak Mud'. Namun siapa sangka, jika sambal ulek buatannya ternyata sanggup membuat lidah ketagihan.

Tak dipungkiri, makan memang soal selera. Jika kamu memiliki ketertarikan khusus pada sambal terasi dengan rasa yang mumpuni, maka kamu wajib berkunjung ke warung yang satu ini. Asyiknya, sambal di warung ini, diracik sesuai dengan selera pelanggannya. Suka pedas atau tidak, Mbak Mud akan siap meracik sambal sesuai dengan pesanan.

Lalapan Sambal Ulek Mbak Mud
© 2017 merdeka.com/Iwan Tantomi

Memasuki ruangan warung, penataannya tak jauh berbeda dengan warung makan pada umumnya. Hanya tersedia empat meja makan di warung ini, dan dua diantaranya merupakan meja panjang yang menempel pada setengah keliling ruangan. Warung ini menyediakan beberapa jenis kerupuk berbeda, sebagai teman makan setia bagi penyukanya. Tak hanya kobokan, warung ini juga menyediakan toilet kecil, lengkap dengan wastafel bersih di bagian belakang warung.

Bicara soal makanan tentu tak jauh dari menu. Layaknya warung lalapan pada umumnya, warung Mbak Mud ini menyediakan bebek, ayam, mujaer, lele, tempe, tahu, dan terong, di mana semua menu diolah dengan cara digoreng. Sebagai varian, warung ini juga menyediakan menu soto ayam. Menyegarkan tenggorokan yang kering, tersedia pilihan minuman jeruk dan teh, yang bisa dipesan dalam kondisi panas maupun dingin.

Seporsi lalapan di Warung Mbak Mud terdiri dari lalapan timun, kacang panjang, daun kemangi dan kubis goreng. Lalapan ditata sedemikian rupa di atas cobek berisi sambal lengkap dengan lauk yang dipesan. Harga yang dibanderol untuk seporsi menu lalapan plus nasi, tak jauh berbeda dengan harga lalapan di Kota Malang pada umumnya.

Menyinggung soal lalapan, istilah ini sebenarnya merujuk pada istilah lalap, yakni sayur-sayuran mentah yang kerap dijumpai pada masakan Indonesia. Kendati, beberapa jenis sayuran lalap memang disajikan dalam bentuk matang, seperti daun singkong, dan daun pepaya. Beberapa jenis sayur yang kerap menjadi lalap, khususnya di Kota Malang yakni selada, kacang panjang, kubis, timun, dan daun kemangi.

Alamat: Jalan Ahmad Yani, Kota Malang (di sekitaran Flyover Arjosari)
Buka: 11.00-00.00 WIB

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG