MALANG
  1. MALANG
  2. KULINER
Kuliner

Menyesap lezatnya kuah bening dari gule jowo

Warung sate gule ini memiliki rasa yang berbeda karena gule yang disajikan sungguh bening dan tak menggunakan santan.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 6 April 2016 18:20

Merdeka.com, Malang - Gule merupakan salah satu masakan berbahan kambing yang terkenal karena rasa gurih yang muncul dari kuah santannya, namun sebuah warung sate gule di Malang yang cukup legendaris memiliki resep gule yang sangat berbeda namun tidak kalah lezatnya. Walaupun warung ini memiliki nama Sate Gule Jowo Kayutangan, namun tempat ini berada di jalan S.Supriyadi dan berada dekat dengan pertigaan Janti.

Nama Kayutangan pada warung ini sendiri sebab karena memang lokasi lamanya yang berada di wilayah Kayutangan. Pada saat itu warung ini masih dalam bentuk pedagang kaki lima dan sedikit masuk ke dalam gang. Namun lokasinya yang cukup tersembunyi itu tidak menyusutkan jumlah pengunjungnya dan banyak orang yang rela mengantre untuk mencicipi rasa lezat dari sate dan gule.

Sekitar tahun 2000-an, warung sate ini sempat tutup dan akhirnya pindah ke wilayah pertigaan Janti yang ditempatinya hingga saat ini. Dibanding tempat yang lama, lokasi warung saat ini cukup lapang dan memuat lebih banyak orang serta lebih mudah dikenali oleh orang yang lewat.

Warung sate gule ini memiliki beberapa perbedaan dibanding warung-warung sare gule yang lain. Yang pertama adalah pada kuah gule yang sangat jernih dan tidak menggunakan santan. Resep gule jowo tersebut telah dipertahankan oleh warung ini sejak pertama buka pada tahun 1958.

Datang ke warung sate gule tentu saja tidak lengkap jika belum merasakan nikmatnya sate dari warung tersebut. Selain sate kambing, warung ini juga menyediakan sate ayam. Rasa sate kambing di warung ini cukup lezat karena memiliki tingkat kematangan yang pas. Selain itu terdapat dua pilihan bumbu sate yang berupa bumbu kacang dan bumbu kecap.

Racikan bumbu kecap di warung ini sungguh spesial karena tidak hanya sekedar kecap saja namun juga ditambah racikan khusus berupa cuka dan bumbu-bumbu lain. Campuran dari daging kambing, bumbu kecap, nasi dan kuah gule melahirkan rasa yang luar biasa dan berpadu dengan sempurna di dalam mulut.

Lokasi: Jalan S.Supriyadi dekat pertigaan Janti
Kisaran harga : Rp. 12.000- Rp. 28.000

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG