MALANG
  1. MALANG
  2. KULINER
Kuliner

Serunya mencicipi kuliner 'dunia lain' di Malang, apa saja?

Populer dengan nama anti mainstream, sederetan kuliner ini pakai nama makhluk 'dunia lain' pada makanan dan warungnya. Apa saja?

Oleh: Siti Rutmawati 8 Juli 2017 19:23
Mie Setan

Merdeka.com, Malang - Memasuki tahun 2010 silam, dunia kuliner Kota Malang sempat digemparkan dengan kemunculan makanan pedas yang mengusik rasa penasaran lidah untuk mencicipi. Uniknya lagi, kata' setan' dipilih untuk menggantikan kata 'pedas' yang menjadi ciri khas makanan tersebut. Seiring berjalannya tahun, kata pedas pun mulai tak dipergunakan lagi, namun diganti dengan kata-kata lain yang mengarah pada kata pedas.

Kendati demikian, nampaknya penggunaan kata 'setan' dan nama makhluk halus menjadi kata yang paling diminati untuk menggantikan kata 'pedas' sebagai nama makanan atau kedai. Makin lama, penggunaan nama makhluk halus sebagai ikon makanan pedas melebar menjadi penunjuk ukuran dan warna dari makanan tersebut. Lalu, apa saja yang menggunakan nama makhluk dari 'dunia lain' itu sebagai nama makanan atau warungnya? Yuk, simak di sini!

1. Ceker Setan
Sempat menjadi primadona makanan pedas di Malang, makanan dari kaki unggas ini dimasak dengan bumbu merah yang sangat pedas. Tak hanya ceker, warung yang berlokasi di Jalan Jakarta ini pun menyediakan sayap dan kepala ayam yang dibalurt dengan bumbu yang sama. Hingga saat ini, makanan yang satu ini masih sangat di minati di Kota Malang. Kamu harus rela antri lama untuk mendapatkan seporsi ceker ayam pedas di warung ini.

Alamat: Jalan Jakarta No 4B, Kota Malang
Buka: Setiap hari/ 10.00 - 03.00 WIB

2. Mie Setan
Menggunakan nama yang tak biasa, mie setan memang selalu menantang dengan mie pedasnya yang khas. Menantang dengan berbagai level yang super pedas, mie setan hadir dengan tiga jenis mie yang berbeda. Sebut saja mie setan, mie iblis dan mie tarik.

Meredam rasa pedas yang menggila di lidah, Mie Setan pun hadir dengan beragam minuman unik yang menggelitik rasa penasaran untuk mencicipinya. Mie setan memiliki cukup banyak cabang di kota Malang, sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Alamat: Jalan Bromo No. 1, Kota Malang
Buka: Setiap hari/ 10.00 - 23.00 WIB

3. Mie Buto Ijo
Buto Ijo merupakan karakter legenda yang digambarkan dengan sosok makhluk tinggi besar dengan tubuh berwarna hijau. Ternyata, posturnya yang besar serta warnanya yang hijau menjadi inspirasi penamaan salah satu kedai mie di Malang, yakni Mie Buto Ijo.

Mie Buto Ijo merupakan mie berwarna hijau yang disajikan dengan rasa pedas berlevel. Yakn, mulai dari level 1-5 dengan kisaran cabai mulai dari 14-54 cabai. Warna hijau pada mie, didapat dari sayuran. Harga yang dibanderol untuk mie ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 7 ribu per porsi.

Alamat: Jalan Pattimura No 5A, Klojen, Kota Malang
Buka: Setiap hari/ 11.30 - 20.30 WIB

4. Burger Buto
Menyuguhkan burger dalam ukuran jumbo adalah kelebihan dari kedai 27. Tak heran, jika kedai ini lebih populer dengan nama Burger Buto. Nama Burger Buto berasal dari menu andalan yang ditawarkan kedai ini. Burger Buto sendiri sebenarnya roti berukuran besar dengan patty daging sapi olahan yang dilengkapi dengan timun, selada segar dan saus. Burger Buto hadir dengan empat varian andalan, yakni Burger Buto, Burger Keceng, Burger Long, dan Burger Buto Ijo.

Alamat: Jl. Sarangan No.27, Kota Malang
Buka: Selasa-Minggu/ 11.30- 21.00 WIB

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG