MALANG
  1. MALANG
  2. LAPAK
Bisnis

Awalnya diremehkan, akhirnya Firda buktikan dari makeup bisa menghasilkan

Berawal dengan ditentang orang tua, Firda Kurnia akhirnya buktikan bahwa memilih menjadi Make Up Artist lebih menghasilkan dibanding jadi pegawai

Oleh: Rizky Wahyu Permana 20 Maret 2018 00:32

"Apa sih? Kamu jadi perias itu apa maksudnya? Masa depanmu gimana?"

Itulah kata-kata yang sempat keluar dari orang tua saat mendengar niat anaknya ingin menekuni bidang makeup untuk masa depannya. Ya, kebanyakan orang tua akan tidak setuju jika anaknya tidak menjadi pegawai dan justru terjun ke dunia makeup.

Pun itu yang dialami oleh Firda Kurnia, wanita berparas ayu yang kini sudah menjadi salah satu MUA terkenal di Malang dan Banyuwangi ini.

Firda - panggilan akrabnya - awalnya juga ditentang saat memutuskan untuk terjun ke dunia makeup dan ingin membuat hobinya tersebut menjadi pekerjaan. Orang tuanya menilai bahwa berprofesi sebagai juru makeup atau istilah sekarang Makeup Artist (MUA).

"Aku tuh sempat berselisih sama orang tua masalah itu. Sampai akhirnya aku nganggur setelah kuliah itu sekitar enam bulan. Setelah penuh pertimbangan akhirnya aku memutuskan untuk menuruti keinginan orang tua aku bekerja sebagai pegawai. Waktu itu aku kerja di bank tapi nggak lama juga. Dan tetap setiap Sabtu dan Minggu aku ngelayani jasa makeup ke berbagai kota. Itu pun pakai dana sendiri dengan makeup yang seadanya," ujar Firda kepada tim merdeka.com.

Wanita yang dulunya tergabung di salah satu agensi model di Kota Malang sejak 2009 ini pun mengaku bahwa dia senang makeup saat itu kerena kebutuhannya sebagai model hijab.

"Ya kalau aku jadi model bayarannya berapa sih? Segitu aja kan, apalagi dulu masih baru-baru banget dan mau makeup ke salon juga berapa biayanya. Habis di makeup doang. Akhirnya kau makeup sendiri. Karena banyak yang lihat makeup aku kayak gitu, mulai banyak yang nanya dari teman-teman dekat," jelas Firda.

"Sampai akhirnya, aku wisuda sekitar tahun 2012, aku makeup sendiri bareng teman kost aku, ternyata kok banyak yang suka. Setelah itu aku mulai banyak job makeup dari teman-teman seangkatan yang wisuda di periode berikutnya," sambungnya.

Firda Kurnia
© 2018 merdeka.com/Istimewa

Bagaimana sampai akhirnya orang tua mengizinkan?

"Jadi waktu itu aku sama ibuku menjenguk Bapakku yang memang kerja di Jakarta. Terus kita jalan-jalan dan aku minta dianterin ke salah satu mall, untuk beli makeup. Pas aku, bilang gitu, bapak sama ibu itu kaget. Itu kan mahal-mahal di situ, yakin beli disitu? Ya aku bilang, iya emang belinya disitu. Nah, aku itu masuk ke salah satu counter makeup yang branded dan beli bedak dengan harga Rp1.300.000. Kaget lah mereka. Sampai di rumah, aku disidang. Kamu beli bedak aja harganya segitu, tarifmu makeup itu berapa?" kata Firda sambil menirukan gaya ibunya yang saat itu sewot ala ibu-ibu dengan lucu.

"Akhirnya, aku jelasin ke mereka. Kalau tarifku makeup segini, luar kota segini, untuk wedding segini, wisuda segini. Terus Bapakku berpikir, kok banyakan hasil dari makeup daripada gaji karyawan bank saat itu? Akhirnya aku dibolehin terjun ke dunia makeup plus disuruh resign aja dari bank," sambungnya.

Wanita kelahiran 7 Maret 1990 ini pun juga mengaku bahwa sekarang bisnisnya itu didukung oleh semua keluarga. Terutama sang suami yang ternyata juga menginginkan istri yang tidak kerja kantoran agar bisa mengurus anak.

Saat ini, Firda Kurnia sudah memiliki nama yang cukup mentereng sebagai MUA. Dia juga melayani panggilan makeup ke luar kota, sampai ke luar pulau.

Salah satu pencapaian tinggi yang diraih oleh Firda adalah ketika dia ditunjuk untuk merias artis dangdut Fitri Carlina untuk soft launching single terbaru 'Lungset Mak' di November 2017 lalu.

Nah, buat kamu yang ingin kepoin Firda, silakan cek lansung karya-karyanya di akun instagram @firdamakeup.

Reporter: Yoga Tri Priyanto

Baca juga:

(rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG