MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Jelajah Malang

Coban Sumber Pitu, keindahan alam yang penuh tantangan

Ini lokasi wisata yang tepat buat kamu yang hobi menjelajahi alam

Oleh: Siti Rutmawati 13 April 2016 16:13

Merdeka.com, Malang - Lokasi wisata yang satu ini sempat menjadi begitu populer dikalangan wisatawan baru-baru ini. Sesuai namanya, lokasi wisata ini menawarkan keunikan dengan munculnya tujuh (dalam bahasa jawa disebut pitu) air terjun dalam dari satu tebing.

Ketujuh air terjun tersebut berderet rapi di dinding tebing sehingga menghasilkan pemandangan yang menyegarkan mata. Lokasi coban sumber pitu terletak di dalam kawasan hutan milik Perhutani kabupaten Malang.

Sebenarnya, coban sumber pitu terdapat di dua lokasi yang berbeda, namun masih dalam wilayah kabupaten Malang. Salah satu coban sumber pitu terdapat di desa Pujon Kidul, kacamatan Pujon, kabupaten Malang.

Sedangkan yang satunya terletak di desa Duwet Krajan, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Namun, kali ini malang.merdeka.com terlebih dahulu akan membahas mengenai coban sumber pitu yang terletak di Pujon.

Tantangan rute menuju Coban Sumber Pitu, Pujon
Coban sumber pitu yang terletak di Pujon, juga dikenal dengan nama Coban Gerojokan. Lokasi ini setidaknya memliki dua pos utama, yaitu pos informasi dan pos istirahat.


Pertama, saat kamu telah berada di pos informasi pengunjung, para petugas akan memberikan sedikit informasi mengenai air terjun tersebut. Berangkat dari pos informasi, kamu akan bertemu dengan jalan setapak melewati kebun sayur milik warga setempat, serta memasuki hutan milik Perhutani dengan jarak sekitar 2 km.

Memasuki pos kedua, tantangan rute menuju coban sumber pitu mulai terasa. Kamu akan menemukan jalan setapak menanjak yang dibentuk menyerupai tangga. Kondisi jalan ini sangat membantu para wisatawan untuk melewati jalur tersebut. Setelah melewati jalur ini, kamu akan menemui jalan yang lebih landai.

coban sumber pitu
©instagram.com/steffymarcella/instagram.com/steffymarcella

Jika kamu talah menemui jalan ini, berarti kamu telah sampai di pos 2, atau bisa dikatakan sebagai pos istirahat. Di sekitaran jalur ini kamu tak lagi menemui kebun sayur, melainkan hanya semak belukar. Disekitarnya kamu juga bisa menemukan batang kayu yang bisa kamu jadikan tempat duduk untuk melepaskan rasa lelah.

Namun, setelah melewati pso istirahat, kamu akan menemui satu lagi jalan yang menantang. Kali ini, kamu akan berhadapan dengan jalan menurun yang sedikit curam.

Sebagai pengaman, kamu bisa berpegangan pada tali yang diikatkan ke pohon yang sekaligus menjadi pembatas antara semak dengan jalan yang dilewati. Nah, disini kamu sudah bisa merasakan suasana air terjun.

Hanya saja ini bukanlah coban sumber pitu yang dituju. Sebagai tantangan terakhir, kamu akan bertemu dengan tanjakan tebing yang terbilang curam dengan beberapa anak tangga yang tersedia.

coban sumber pitu
©instagram.com/djombie/instagram.com/djombie

Sayangnya, anak tangga tersebut berjarak cukup tinggi sehingga kamu akan sedikit kesusahan untuk melangkah. Untungnya, keberadaan beberapa tali pegangan cukup membantu kesulitan tersebut.

Keindahan coban sumber pitu
Setelah sampai di puncak,maka kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan kesegaran udara air terjun coban sumber pitu. Rasa lelah setelah melewati rute yang menantang seolah-olah terbayarkan dengan keindahan alam yang disajikan di depan mata.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG