MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Jelajah Malang

Deretan lokasi wisata gratis di Malang, sudah coba?

Tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati keindahan Malang. Tujuh lokasi wisata ini buktinya.

Oleh: Siti Rutmawati 31 Maret 2016 15:20
Lokasi Wisata Sumber Jenong

Merdeka.com, Malang - Butuh santai dan melepaskan penat tapi persediaan dana tak cukup? Jangan khawatir, karena berwisata di Malang tak berarti kamu harus merogoh kantong dalam-dalam.

Pasalnya, di Malang kamu bisa menemukan beberapa lokasi wisata yang ternyata gratis. Mungkin, kamu hanya memerlukan biaya parkir bagi kamu yang membawa kendaraan sendiri.

Penasaran? Yuk, kita tengok lokasi wisata gratis yang tersedia di Malang berikut ini!

1. Wisata Sumber Sirah

sumber sirah malang
© instagram.com/diditprasetiaadi/instagram.com/diditprasetiaadi


Meskipun gratis, kejernihan dan kesegaran alami air sumber sirah tak bisa diabaikan. Saking jernihnya, kamu bisa melihat tanaman-tanaman kecil sejenis ganggang hijau, pasir dan bahkan batuan yang ada di dasar sumber air.

Sumber mata air ini juga cukup dangkal, dan jika kamu menyentuh dasar air tanpa hati-hati, dengan segera pasir akan beriak dan membuat air menjadi keruh.

Bagi kamu yang punya hobi menyelam, kamu bisa menikmati keindahan dasar air sekaligus berselfie ria tentunya.

Sumber Sirah ini berlokasi di Jalan Sunan Drajat, Putukrejo, Gondanglegi, Kabupaten Malang.

2. Wisata Sumber Jenon

sumber jenon
©instagram.com/moch_ariief/instagram.com/moch_ariief

Tak hanya jernih, sumber mata air ini dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit. Tak heran jika orang-orang yang datang mengunjunginya tak hanya sekedar ingin bersantai atau menikmati kesegaran alami airnya.

Sumber mata air ini memiliki warna biru yang unik dan mampu menambah warna kesegaran alami airnya. Tapi, bagi kamu yang tak bisa berenang, kamu perlu berhati-hati karena air sumber jenon cukup dalam.

Yang paling penting, kamu tak perlu merogoh kantong untuyk menikmatinya. Sumber Jenon terletak di kawasan desa Gunungronggo, Tajinan, Kabupaten Malang

3. Alun-Alun Kota Malang

Alun-alun Malang
© kelkiduldalem.malangkota.go.id/kelkiduldalem.malangkota.go.id


Alun-alun Kota Malang berada di depan masjid Jami' dan menjadi salah satu pusat keramaian di Malang. Sejak dulu, alun-alun Kota Malang memang tak pernah sepi pengunjung.

Hanya saja, tampilan wajah baru alun-alun yang kini semakin elok dan bersih membuatnya semakin ramai pengunjung. Pasalnya, banyak fasilitas yang tersedia di lokasi ini untuk menikmati waktu dan bersantai.

4. Alun-Alun Tugu

Tugu Balaikota Malang
©bakorwilmalang.jatimprov.go.id/bakorwilmalang.jatimprov.go.id


Tugu kota Malang sebenarnya telah populer sejak masa penjajahan Belanda. Pada masa lalu taman ini dikenal sebagai taman Jan Pieterzoon Coen dan belum memiliki tugu dengan bentuk lilin.

Tugu yang kini berdiri tegak di tengah taman Balai Kota Malang ini merupakan salah satu tugu yang dibangun untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Selain mengandung banyak nilai sejarah, tugu ini juga memiliki tatanan rapi dan elok. Tak heran jika alun-alun tugu masuk dalan daftar lokasi yang diminati khalayak untuk sekedar bersantai atau berselfie ria.

5. Candi Badut

candi badut
©instagram.com/amazingmalang/instagram.com/amazingmalang


Berdasarkan pendapat beberapa ahli purbakala, candi badut dibangun atas perintah Raja Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Meskipun begitu, hingga kini masih belum ditemukan bukti keterkaitan antara candi badut dengan Raja Gajayana.

Candi ini juga diperkirakan berdiri pada masa sebelum pemerintahan Raja AIrlangga. Pada masa ini diperkirakan sebagai masa dibangunnya beberapa candi di Jawa Timur. Bagi kamu pecinta sejarah, budaya atau benda-benda kuno, maka Candi Badut adalah lokasi yang tepat untuk kamu kunjungi.

Yang lebih penting, tak ada penarikan biaya untuk berkunjung ke lokasi wisata sejarah ini. Tentunya dengan catatan, kamu harus bisa menjaga kelestarian bangunan bersejarah ini. Candi ini berlokasi di jalan raya candi V/D, Dusun Karang besuki, desa Dau, Kabupaten Malang.

6. Museum Sejarah Bentoel

museum sejarah bentoel
© instagram.com/dyahrizka/instagram.com/dyahrizka


PT. Bentoel Kota Malang telah didirikan sejak tahun 1925. Dengan tujuan untuk mengabadikan sejarah perjuangannya meraih puncak, perusahaan rokok ini menyimpan catatan sejarahnya dalam sebuah museum yang dinamai Museum Sejarah Bentoel.

Cukup menarik, bukan? Karena ini adalah satu-satunya perusahaan yang mengabadikan catatan perjalannya dalam sebuah museum. Bangunan yuang kini menjadi museum sejarah bentoel ternyata dulunya merupakan pabrik pertama Bentoel di Malang.

Jika kamu membutuhkan asupan semangat dan motivasi untuk meraih kesuksesan, maka museum bentoel adalah lokasi yang sesuai. Lokasi wisata sejarah ini terletak di jalan wiromargo No.32 Malang

7. Museum Musik Indonesia

museum musik indonesia
© instagram.com/raisyamalia/instagram.com/raisyamalia


Terletak di deretan perumahan Griyashanta Malang, museum ini diresmikan pada tanggal 1 Januari 2013. Museum ini merupakan gebrakan museum pertama yang mengabadikan perjalanan musik di tanah air.

Penggebraknya adalah Galeri Malang Bernyanyi yang merupakan komunitas pecinta musik di Malang. Museum ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin menelusuri jejak sejarah musik.

Saat menapakkan kaki di museum ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai koleksi musik seperti piringan hitam, kaset, dan berbagai koleksi musik yang melegenda. Lokasi wisata museum ini beralamat di perumahan griyashanta blok G No. 407, Kota Malang.

Nah, kamu tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, bukan? Tak sekedar gratis, lokasi wisata tersebut juga menyimpan keunikannya sendiri yang tentunya membuat kamu ketagihan.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG