MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Wisata Murah

Deretan spot bermain ramah anak di kota Malang, di mana saja?

Menjadi Kota Layak Anak, Kota Malang hadirkan sederetan ruang terbuka yang jadi spot bermain favorit anak-anak. Dimana saja? Yuk, simak di sini!

Oleh: Siti Rutmawati 24 Juli 2017 18:11
Fasilitas Alun-Alun Merdeka Malang

Merdeka.com, Malang - Layaknya pengetahuan umum, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Namun, ada yang istimewa untuk peringatan tahun ini, khususnya bagi Kota Malang. Pasalnya, daerah yang berjuluk Kota Pendidikan ini, meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementrian PP-PA), atas komitmennya dalam program perlindungan anak.

Kota Malang meraih penghargaan berupa penganugerahan sebagai Kota Layak Anak (KLA), dan keberhasilan dalam memberikan cakupan pelayanan akta kelahiran secara mudah dan cepat. Indikator penilaian dari penghargaan tersebut meliputi adanya Perda tentang Kota Layak Anak (KLA), memiliki Lembaga Perlindungan Anak (LPA), Ruang Tanaman Hijau (RTH) yang ramah anak hingga cakupan untuk mendapatkan akta kelahiran secara mudah.

Tak dipungkiri, Kota Malang memang memiliki sederetan ruang terbuka hijau yang terbilang yang ramah anak. Kehadiran ruang terbuka tersebut, seolah menjadi salah satu fasilitas penunjang bagi kembang tumbuh anak dalam kerangka besar mencerdaskan anak bangsa. Bicara soal ruang terbuka hijau, berikut merupakan sederetan spot bermain ramah anak di Kota Malang. Kamu pernah berkunjung, bukan?

1. Alun Alun Merdeka Malang
Masuk dalam daftar pertama dari deretan daftar spot bermain ramah anak, Alun-Alun Merdeka Malang menyediakan sederetan fasilitas yang mendukung perkembangan otot dan otak anak. Dikemas dalam outdoor gym, masyarakat yang datang ke lokasi ini bersama keluarga, dapat memanjakan anak-anak mereka dengan sederetan fasilitas bermain yang tersedia. Tak sekadar bermain, fasilitas yang dikonsep dalam bentuk taman edukasi itu, bertujuan untuk merangsang kembang otak, pembentukan karakter, serta mental positif anak sejak usia dini.

Dalam proses tumbuh kembang anak, wahana permainan edukasi, memainkan peranan penting dalam menggiringnya menjadi pribadi pemenang. Wahana-wahana yang tersedia dalam outdoor gym misalnya, menggiring mereka untuk belajar menyelesaikan masalah, serta cerdas dan terampil dalam mensinergikan kemampuan otot dan otak.

2. Taman Cerdas Trunojoyo
Diresmikan Juni 2014 lalu, taman yang terletak tepat dihadapan stasiun Kota Baru Malang ini menjadi daftar kedua dari deretan spot bermain ramah anak. Menggandeng PT Bentoel, taman ini menyediakan sederetan fasilitas yang memanjakan anak-anak, seperti taman baca dan playground.

Berjalan mengelilingi taman, sederetan pohon rindang nampak membuat suasana ruang terbuka ini nampak teduh dan nyaman. Kehadiran fasilitas bermain anak yang mendominasi area ini, membuatnya patut disebut sebagai taman layak anak di Kota Malang. Terlebih, keberadaan air mancur yang mampu menarik perhatian anak-anak yang bermain di taman ini.

3. Taman Jajan Al-Fatih Sawojajar
Berdiri di atas lahan seluas 700 meter persegi, kehadiran Taman Jajan Al Fatih menambah daftar spot bermain ramah anak di Kota Malang. Taman bermain yang dirancang dengan konsep Pujasera ini, seolah memiliki magnet yang memapu menarik minat masyarakat. Tak heran, jika area ini seolah tak pernah sepi pengunjung, sejak diresmikan April 2017 lalu.

Taman ini memang tidak bisa dibilang sebagai ruang terbuka hijau, mengingat lokasinya yang tak memiliki area hijau (tidak dipenuhi tanaman). Kendati demikian, konsepnya yang mengusung taman bermain, menjadikannya layak masuk ke dalam daftar spot bermain ramah anak di Kota Malang.

Layaknya konsep taman jajan yang diusung, di sekeliling taman ini terdapat sederetan booth makanan yang siap memanjakan perut lapar. Tepat dihadapan booth, tersedia kursi dan meja sebagai tempat menikmati makanan dengan santai. Asyiknya lagi, tepat di tengah taman terdapat fasilitas playground yang siap bakal bikin anak-anak betah bermain.

4. Merbabu Family Park
Merbabu Family Park, tentu tak boleh ketinggalan dari daftar spot bermain ramah anak di Kota Malang. Pasalnya, sederetan fasilitas bermain yang ada di taman ini membuatnya menjadi salah satu jujukan taman bermain keluarga yang diminati masyarakat. Terlebih, taman ini juga memiliki area rumput hijau yang membuat anak-anak betah bermain.

Berdiri di atas lahan seluas 3.942 meter persegi, taman ini merupakan bagian dari program Corporate Rensposibility (CSR) PT Beiersdorf Indonesia. Tak hanya, fasilitas bermain anak, taman ini juga dilengkapi dengan jogging track, lapangan mini futsal, arena olahraga lansia, dan lainnya.

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG