MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Kabupaten Malang

Gubernur Soekarwo berharap bandara Abdulrachman Saleh segera berstatus internasional

Gubernur Jawa Timur Soekarwo berharap Kementerian Perhubungan RI segera meningkatkan status Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan Banyuwangi.

Oleh: Rizky Wahyu Permana 17 Mei 2018 14:11

Merdeka.com, Malang - Gubernur Jawa Timur Soekarwo berharap Kementerian Perhubungan RI segera meningkatkan status Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional. Dia menyebut bahwa hal ini untuk memacu perkembangan pariwisata di kedua daerah tersebut.

“Perjalanan darat lebih dari 2 (jam) sudah jadi pertimbangan tersendiri bagi turis mancanegara untuk berkunjung ke destinasi wisata. Maka perjalanan Surabaya Malang yang kini bisa lebih dari 3 (tiga) jam menjadi kurang produktif untuk perspektif pengembangan wisata dan menggaet strategi pasar tourism," papar Pakde Karwo.

Soekarwo menyebut bahwa untuk menggaet wisatawan, tidak dapat hanya bertumpu pada bandara Juanda saja. Hal ini terutama jika hendak menggaet semakin banyak wisatawan asing.

"Saya rasa tidak bisa untuk menggaet target kunjungan 1 juta wisata luar negeri di Jatim pada tahun 2025 hanya ditumpukan pada bandara Juanda," jelas Soekarwo.

Walau begitu, Pakde Karo juga menegaskan bahwa tidak harus menunggu 2025. Dia menyebut bahwa begitu Kemenhub memberi restu, maka target kunjungan wisata ke Jawa Timur akan melonjak drastis.

Pengembangan Bandara Abdulrachman Saleh untuk pengembangan wisata ini juga didukung oleh Pjs. Wali Kota Malang Wahid Wahyudi. Dia mengungkapkan bahwa tiap tahun jumlah wisatawan ke kota Malang juga terus meningkat.

“Kalau melihat data kunjungan wisatawan ke kota Malang yang terus naik dari tahun ke tahun, maka saya optimisme peningkatan sektor wisata bagi pilar perekonomian. Tahun 2016 kunjungan wisatawan ke kota Malang sebanyak 3.996.609 wisatawan, dengan rincian 3.987.074 wisatawan nusantara dan 9.535 wisatawan mancanegara. Tahun 2017 naik menjadi 4.914.910 wisatawan, meliputi 4.902.946 wisatawan nusantara dan 11.934 wisatawan mancanegara,“ terang Wahid Wahyudi.

Pada tahun 2018 ini sendiri tahun 2018 ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 4,2 juta wisatawan dan untuk wisatawan mancanegara sebanyak 15.000 wisatawan.

Baca juga:

(rwp/rwp)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG