MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Jelajah Malang

Menyelami kesegaran alami 6 sumber mata air di Malang

Yuk, jelajahi sumber mata air alami dengan keindahan alam yang mempesona!

Oleh: Siti Rutmawati 30 Maret 2016 17:45

Merdeka.com, Malang - Lokasi geografis Malang yang dikelilingi oleh gunung, membuatnya memiliki udara yang terbilang sejuk. Tak heran, jika kamu bisa menemukan banyak sumber mata air dan mampu memikat hati masyarakat untuk mengunjunginya.

Meskipun sederetan sumber mata air tersebut belum diresmikan sebagai objek wisata, namun ada saja pengunjung yang datang untuk memuaskan rasa ingin tahu sekaligus menikmati kesegaran dan kejernihan airnya.

Jika kamu tertarik untuk menikmatinya juga, kamu bisa mengunjungi sederetan sumber mata air yang ada di wilayah Kabupaten Malang berikut ini.

1. Sumber Sirah
Jernih, ini adalah kesan pertama yang akan kamu dapatkan saat mendatangi langsung lokasi sumber mata air Sumber Sirah. Saking jernihnya, kamu bisa melihat tanaman-tanaman kecil sejenis ganggang hijau, pasir dan bahkan batuan yang ada di dasar sumber air.

Sumber mata air ini juga cukup dangkal, dan jika kamu menyentuh dasar air tanpa hati-hati, dengan segera pasir akan beriak dan membuat air menjadi keruh.

Kamu tak perlu membayar tiket untuk menikmati kesegaran sumber mata air ini. Sumber Sirah ini berlokasi di Jalan Sunan Drajat, Putukrejo, Gondanglegi, Kabupaten Malang.

2. Sumber Maron
Lokasi wisata yang satu ini masih sangat alami. Hanya bermodalkan seribu rupiah saja, kamu bisa menikmati segarnya sumber mata air. Menariknya, kamu membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai lokasi ini.

Pasalnya, kamu harus melalui medan yang berkelok-kelok dan sedikit terjal. Berdasarkan rumor yang beredar, ada versi legenda yang menceritakan tentang asal mula nama maron.

Versi pertama mengatakan bahwa kemunculan sumber maron bermula dari maron (peralatan menanak nasi) yang dibuang ke daerah tersebut. Versi lainnya mengatakan bahwa penamaan tersebut muncul karena sumber mata air ini menyerupai maron.

Apapun legendanya, yang pasti sumber mata air ini menyajikan air bening yang mampu menyegarkan tubuh. Sumber mata air ini terletak di desa Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang.

3. Sumber Jenon
Tak hanya jernih, sumber mata air ini dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit. Tak heran jika orang-orang yang datang mengunjunginya tak hanya sekedar ingin bersantai atau menikmati kesegaran alami airnya.

Sumber mata air ini memiliki warna biru yang unik dan mampu menambah warna kesegaran alami airnya.Sumber Jenon terletak di kawasan desa Gunungronggo, Tajinan, Kabupaten Malang.

4. Sumber Taman
Keberadaan sumber mata iar ini memang belum resmi menjadi kawasan wisata. Namun, karena banyak pengunjung yang datang, beberapa fasilitas telah disediakan di sekitar lokasi sumber air ini, seperti kamar mandi dan toilet, dan parkiran.

Kehadiran para pedagang juga turut meramaikan lokasi sumber mata air ini. Sumber taman terletak di perbatasan desa Brongkal dan Karangsuko, Kabupaten Malang.

5. Sumber Krabyakan
Meskipun belum begitu populer, keindahan alam sumber krabyakan tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Malang.

Sumber Krabyakan terletak di desa Sumber Ngepoh, Lawang, Kabupaten Malang. Untuk menikmati kesegaran sumber mata air alami tersebut, kamu hanya perlu membayar seribu rupiah saja. Sangat murah, bukan?

6. Polaman
Tak hanya menawarkan kesegaran sumber mata airnya, disekitar lokasi sumber mata air ini juga bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Polaman merupakan sumber mata air yang berasal dari Gunung Arjuno.

Beberapa tandon dan pipa penyalur air di sekitar tandon telah dibangun. Tandon tersebut bahkan telah dibangun sejak tahun 1925 oleh pemerintah kolonial Belanda. Kamu juga bisa menemukan beberapa situs budaya di sumber mata air ini.

Konon, lokasi sumber mata air ini menjadi area peristirahatan oleh bangsawan Kerajaan Kediri. Sumber mata air polaman terletak di jalan indrokilo, dusun Polaman, Lawang, Kabupaten Malang.

 

Baca juga:

 

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG