MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Kuliner

Ngelencer seharian ke Singosari, bisa mampir di 5 spot wisata asik ini, lho!

Punya lokasi berdekatan, kamu bisa menikmati liburan di 5 spot wisata ini saat mampir ke Singosari, kabupaten Malang. Di mana saja?

Oleh: Siti Rutmawati 21 September 2017 00:07
Stupa Sumberawan

Merdeka.com, Malang - Potensi wisata di Singosari, kabupaten Malang nampaknya mulai menyedot perhatian. Belum lama ini, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya membidik Singosari sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Sejalan dengan itu, pemerintah daerah setempat bahkan telah menyediakan lahan sekitar 200 hektare dan investasi awal sekitar 2 triliun untuk rencana pengembangan KEK tersebut.

Singosari sendiri merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Malang, dan berada di utara kota Malang. Terletak pada ketinggian 400-700 meter di atas permukaan laut (dpl), membuat kawasan ini memiliki iklim yang sejuk.

Singosari atau yang juga dikenal dengan nama Singhasari sebenarnya merupakan nama sebuah kerajaan besar yang berdiri pada abad ke-10. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok yang merupakan keturunan dari Kertanegara, sang pendiri kerajaan Majapahit.

Ibukota kerajaan Singhasari diyakini terletak di sekitar kecamatan Singosari, kendati lokasi pastinya masih belum diketahui hingga saat ini. Tak heran, jika berbagai peninggalan sejarah dari kerajaan tersebut banyak ditemukan di kawasan ini. Beberapa di antaranya, bahkan saat ini masih dapat disaksikan, dan telah dikembangkan menjadi objek wisata sejarah.

Bagi para penjelajah wisata atau traveler, Singosari bisa menjadi jujukan wisata yang tepat saat berkunjung ke Malang. Selain wisata sejarah, kawasan ini juga memiliki pemandian dari sumber mata air yang berselimut iklim sejuk. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Malang yang hingga saat ini masih digandrungi masyarakat, yakni Bakso Cak Kar.

Memudahkan rencana penjelahanmu, berikut merupakan lima spot wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Singosari. Lokasinya yang berdekatan satu sama lain, membuatmu tak membutuhkan waktu lama untuk mencapainya. Tertarik menjelajah, bukan?

Baca juga:

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG