MALANG
  1. MALANG
  2. PARIWISATA
Jelajah Malang

Yuk, berkeliling menikmati 6 museum unik di Malang!

Mengabadikan budaya, sejarah dan bahkan satwa langka. Temukan keunikan museum Malang di sini!

Oleh: Siti Rutmawati 30 Maret 2016 10:39
Museum Satwa

Merdeka.com, Malang - Tertarik dengan wisata budaya atau ingin berwisata sekaligus menambah wawasan? Museum adalah salah satu lokasi yang patut untuk kamu kunjungi.

Nah, berkaitan dengan wisata museum, kamu bisa mengunjungi beberapa museum unik yang hanya bisa kamu temukan di Malang. Tertarik?

Yuk, kita lihat museum apa saja yang bisa kamu kunjungi di Malang.

1. Museum Malang Tempo Doeloe

museum malang tempo doeloe
© instagram.com/museum_malang_tempo_doeloe/instagram.com/museum_malang_tempo_doeloe


Kehadiran museum ini memang tergolong baru di Kota Malang. Tepatnya, museum ini resmi di buka pada tanggal 22 Oktober 2012. Museum Malang Tempo Doeloe terdiri dari 20 ruangan dengan konsep yang berbeda-beda.

Saat berada di dalamnya, kamu bisa menjelajahi masa lalu yang diurut berdasarkan pembagian periode sejarah Kota Malang.


Alamat: Jl. Gajahmada No.2, Malang
Buka: 08.00 - 17.00
Tiket: Rp 10.000 - Rp 25.000

2. Museum Brawijaya

museum brawijaya
©instagram.com/fee_adelia/instagram.com/fee_adelia


Museum brawijaya adalah salah satu museum yang telah berusia tua di Malang. Museum ini diresmikan pada 4 Mei tahun 1968. Jika kamu ingin mengintip benda-benda sejarah perjuangan bangsa sejak zaman Majapahit hingga masa-masa mempertahankan kemerdekaan.

Tak salah lagi, museum brawijaya adalah lokasi yang tepat untuk kamu kunjungi. Pasalnya, museum brawijaya merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan peralatan dan perlengkapan prajurit.


Alamat: Jl. Ijen No. 25A, Kota Malang
Buka: Senin-Sabtu, jam 08.00-15.00
Tiket: Rp 1.500

3. Museum Angkut

museum angkut
© instagram.com/museumangkut/instagram.com/museumangkut


Bagi kamu pecinta otomotif atau sejarah, kamu tak boleh melewatkan museum yang satu ini. Seperti halnya museum malang tempo doeloe, museum angkut juga masih berusia sangat muda.

Museum ini diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014 lalu. Meskipun begitu, museum angkut tak pernah sepi pengunjung. Bagi kamu pecinta selfie atau welfie, museum angkut juga sangat sesuai untuk kamu.

Ini karena konsep dekorasi museum yang megah akan membuat kamu tak kuasa menahan diri untuk mengambil gambar di seputar lokasi museum yang indah.


Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung Atas No.2, Kota Batu
Buka: 11.00-20.00
Tiket: Senin-Jumat, Rp 60.000-Rp 90.000 / Sabtu-Minggu, Rp 70.000 -Rp 120.000

4. Museum Musik Indonesia

museum musik indonesia
© instagram.com/raisyamalia/instagram.com/raisyamalia


Terletak di deretan perumahan Griyashanta Malang, museum ini diresmikan pada tanggal 1 Januari 2013. Museum ini merupakan gebrakan museum pertama yang mengabadikan perjalanan musik di tanah air.

Penggebraknya adalah Galeri Malang Bernyanyi yang merupakan komunitas pecinta musik di Malang. Museum ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin menelusuri jejak sejarah musik.

Saat menapakkan kaki di museum ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai koleksi musik seperti piringan hitam, kaset, dan berbagai koleksi musik yang melegenda.


Alamat: Perumahan Griyashanta Blok G No. 407 Malang

Tiket:-

5. Museum Sejarah Bentoel

museum sejarah bentoel
© instagram.com/dyahrizka/instagram.com/dyahrizka


PT. Bentoel Kota Malang telah didirikan sejak tahun 1925. Dengan tujuan untuk mengabadikan sejarah perjuangannya meraih puncak, perusahaan rokok ini menyimpan catatan sejarahnya dalam sebuah museum yang dinamai Museum Sejarah Bentoel.

Cukup menarik, bukan? Karena ini adalah satu-satunya perusahaan yang mengabadikan catatan perjalannya dalam sebuah museum. Bangunan yang kini menjadi museum sejarah bentoel ternyata dulunya merupakan pabrik pertama Bentoel di Malang.

Jika kamu membutuhkan asupan semangat dan motivasi untuk meraih kesuksesan, maka museum bentoel adalah lokasi yang sesuai.


Lokasi: Jl. Wiromargo No.32 Malang

Tiket:-

6. Museum Satwa

museum satwa
© instagram.com/afifaf/instagram.com/afifaf


Seperti namanya, museum ini menampilkan beragam jenis satwa dari berbagai penjuru dunia. Museum satwa ini merupakan salah satu wahana wisata yang berada dalam Jawa Timur Park 2.

Memasuki ruangan museum, kamu akan disambut oleh berbagai satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai negara di dunia. Selain itu, kamu juga akan menemukan replika satwa purba seperti dinosaurus, dan lainnya.


Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Kota Batu
Buka: 10.00-18.00
Tiket: weekday, Rp 75.000 / weekend, Rp 105.000

Tentu kamu tertarik untuk berkunjung, bukan? Selamat menjelajah!

Baca juga:

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG