MALANG
  1. MALANG
  2. PROFIL
Abah Anton

Setetes tebu manis Abah Anton di deretan taman Kota Malang

Tokoh di balik eloknya sederetan taman Kota Malang

Oleh: Siti Rutmawati 29 Maret 2016 11:55

Merdeka.com, Malang - Siapa yang tak kenal Abah Anton. Seorang pengusaha sukses yang kini menjabat sebagai Walikota Malang. Sekilas tentang Abah Anton. Walikota Malang yang menjabat sejak tahun 2013 ini dilahirkan pada tanggal 31 Desember 1965 di Malang.

Siapa sangka Abah Anton yang bernama lengkap H. Mochamad Anton ini ternyata mewarisi darah Cina dari sang ayah. Abah Anton memiliki nama Cina Goei Hing An, dan ayahnya bernama Goei Heng An.

Berjalan mundur menapaki jejak kesuksesan usaha sang Walikota. Abah Anton ternyata merintis usahanya dengan perjuangan yang terbilang berliku.

Abah Anton mengaku bahwa dirinya terlahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan. Sejak di bangku sekolahan, Abah Anton telah merintis benih wirausahawan dalam dirinya.

Melakoni usaha kecil-kecilan dengan menjajakan kue dan sembako. Saat duduk di bangku SMA dan kuliah, Abah Anton sempat menjadi sopir.

Pada akhirnya, Abah Anton bertemu dengan seseorang dari jakarta yang menjadi pintu pembuka kesuksesannya. Orang tersebut meminta dirinya untuk mencarikan tetes tebu yang pada saat itu masih dianggap sebagai limbah.

Meski tak memiliki modal kemampuan di bidang tersebut, Abah Anton menyanggupi permintaan tersebut. Akhirnya dia memulai usaha tetes tebu tanpa modal dan pengalaman tentang tebu. Namun, Abah Anton berhasil membuktikan bahwa kegigihan merupakan sebuah pintu terbuka menuju kesuksesan.

Menoleh kembali pada Abah Anton sang Walikota Malang. Kegigihan yang serupa juga ia torehkan pada perbaikan tata Kota Malang.

Salah satu yang terlihat jelas oleh mata adalah perbaikan taman Kota Malang yang sempat terabaikan. Seperti yang diketahui, taman kota pada hakikatnya memainkan peranan penting bagi masyarakat, baik bagi kesehatan maupun sebagai hiburan.

Hal inilah yang disadari oleh Abah Anton. Tak heran jika Kota Malang kini terlihat lebih elok dengan wajah baru berbagai taman yang sebelumnya jarang peminat.

Perbaikan taman tersebut juga meliputi alun-alun Kota Malang (jalan merdeka) dan alun-alun tugu Kota Malang yang menjadi bagian dari ikon Kota Malang.

Kota Malang kini terlihat lebih hidup dengan kehadiran sederetan taman yang elok yang dilengkapi dengan sederetan kursi taman yang semakin membuat nyaman khalayak umum.

(sr/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI MALANG

BERITA MALANG