Mulabasa Hutabarat
Mulabasa Hutabarat Birokrat, Tokoh Perbankan
Nama Lengkap
Drs. Mulabasa Hutabarat M.A
Alias
Mulabasa
Tanggal Lahir
-
Zodiak
-
Warga Negara
Indonesia
Relation
-
Biografi

Mulabasa Hutabarat menjabat sebagai Kepala Biro Penjaminan dan Pembiayaan Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Dari tahun 2002 hingga 2007, menjadi Komisaris di PT Pelindo I dan pernah menjadi Ketua Tim Pelaksana dari Tim Monitoring Bank Rekap.

Dia menamatkan pendidikan sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia pada 1982, selanjutnya menamatkan pendidikan Pasca Sarjana, dengan gelar MA dari Indiana University, USA, bidang Economics pada 1990.

Pada 2002 hingga 2007, Mulabasa menjadi Komisaris di PT Pelindo I dan pernah menjadi Ketua Tim Pelaksana dari Tim Monitoring Bank Rekap. Nama Mulabasa juga masuk dalam daftar komisaris PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sejak Mei 2008.

Mulabasa kemudian masuk dalam daftar rotasi eselon II Kemenkeu setelah diterbitkannya KMK No.7/KMK.01/UP.11/2012 yang diteken 12 Januari 2012 oleh Menkeu Agus Martowardojo. Mulabasa ditunjuk sebagai Kepala Biro Pembiayaan dan Penjaminan menggantikan pejabat sebelumnya M. Ihsanudin.

Mulabasa pernah mengikuti sejumlah program pelatihan, termasuk di antaranya Reg of Financial Institutions yang diselenggarakan oleh CIDA di Canada, Pens Syst & Investment yang diselenggarakan oleh ADB di Manila dan Pacap Financial Executive Program yang diselenggarakan oleh Rhode Island University, AS.

Riset dan Analisa: Atiqoh Hasan

Pendidikan
  • Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1982
  • Indiana Universiy, Amerika Serikat, 1990
Karir
  • Kepala Biro Pembiayaan dan Penjaminan Bapepam-LK Departemen Keuangan 
  • Komisaris Bank BTN sejak Mei 2008
  • Kepala Biro Dana Pensiun Bapepam-LK Departemen Keuangan 
  • Komisaris PT Pelindo I, 2002-2007
    Belum ada berita untuk Mulabasa Hutabarat