Astra Half Marathon 2019: Kampanye Kurangi Sampah Plastik bersama 4.000 Pelari

OLAHRAGA | 4 November 2019 18:17 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Astra melalui komunitas pelari Grup Astra, Astra Runners, untuk kali pertama mengadakan lomba lari half marathon yang diikuti 4.000 pelari pada Minggu (3/11) di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang. Selain untuk mengampanyekan gaya hidup sehat, Astra Half Marathon ini juga mengajak pelari turut melestarikan lingkungan dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Flag-off Astra Half Marathon yang bertepatan dengan HUT ke-6 Astra Runners dilakukan oleh Direktur Astra Suparno Djasmin.

Dalam sambutannya, Suparno Djasmin menyampaikan bahwa Astra Runners merupakan salah satu komunitas olahraga yang dibina Astra.

“Kolaborasi Grup Astra dan masyarakat luas melalui Astra Half Marathon ini bertujuan menjadikan lomba lari ini sebagai gerakan berkesinambungan dan berkontribusi untuk Indonesia maju. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Suparno Djasmin dalam rilisnya, Senin (4/11).

Astra Half Marathon tahun ini mengusung tema #InspiringMove, yang artinya bergerak dan membuat kemajuan. Hal ini diwujudkan melalui penggunaan tagline Astra Runners, yaitu "We Run, We Care, We Share".

We Run, Astra Runners meningkatkan kualitas lomba lari tahunannya. Tidak hanya kategori 5K dan 10K, tapi ada juga half marathon (21K), serta dibuka untuk masyarakat umum pertama kalinya. We Care, Astra Runners mengajak seluruh peserta lomba lari untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan sampah plastik di laut.

We Share, setiap peserta otomatis berdonasi Rp 50.000 saat mendaftar dan dana tersebut digunakan untuk membantu membersihkan pantai di sekitar Kampung Berseri Astra di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Seluruh peserta juga dapat menikmati berbagai hiburan dan hadiah. Setiap pelari yang mencapai garis finish di bawah cut-off time mendapatkan medali, minuman ion, air mineral, buah, dan kudapan sehat. Khusus bagi pemenang jarak 21K, mendapatkan finisher tee dan akses ke area eksklusif yang menyediakan ice bed serta fisioterapi.

©2019 Merdeka.com

Total hadiah Rp 100 juta

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 100 juta. Ini belum termasuk doorprize untuk para pelari yang beruntung, yaitu satu motor Honda Adv, satu motor Honda PCX, dan satu iPhone Xs Max serta beragam hadiah hiburan seperti smartphone, smartwatch, dan vocer belanja.

Guna meningkatkan kenyamanan berlari, Astra Half Marathon menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Mulai dari mobil ambulans dan paramedis motor, sembilan hydration point, dua fruit station, dua healthy bar station, dua sponge station, hingga cheering area. Selain itu, semua pelari mendapat asuransi I-sport dari Astra Life dengan nilai sampai Rp 50 juta.

Fasilitas lain bagi pelari adalah dapat mengetahui catatan waktu secara realtime melalui teknologi dari Mylaps di www.scorenow.co.id dan dapat mengunduh e-certificate yang berisi nama dan catatan waktu, sehingga tercantum jelas catatan larinya dan dapat dibandingkan dengan pelari lain.

(mdk/sya)