Atlet-atlet Indonesia ini torehkan sejarah di dunia

OLAHRAGA | 13 Juli 2018 06:10 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Indonesia telah melahirkan atlet-atlet berprestasi. Atlet-atlet ini mampu menorehkan prestasi yang diakui dunia. Beberapa dari mereka bahkan mampu memecahkan rekor dunia.

Siapa saja mereka?

1 dari 4 halaman

Irene Kharisma Sukandar

altet Indonesia berprestasi di dunia. ©Instagram

Irene Kharisma Sukandar adalah Woman Grand Chess Master Indonesia yang pertama. Dia juga wanita Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar International Master. Prestasi Irene antara lain berhasil memenangkan Indonesian Women’s Chess Championship 4 kali berturut-turut sejak tahun 2006 hingga 2010.

Dia juga mewakili Indonesia dalam 5 Olimpiade Catur pada tahun 2004, 2006, 2008, 2010, dan 2014.

2 dari 4 halaman

Marcus Gidoen/Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Sejak duetnya pertama kali tahun 2015, ganda putra Indonesia Marcus Gidoen/Kevin Sanjaya langsung menorehkan prestasi yang luar biasa. Pasangan berjuluk Duo Minions ini pun telah sukses menorehkan beberapa rekor bertaraf internasional. Duo Minion ini langsung merebut medali emas di turnamen All England 2015. Prestasi itu kembali terulang, tahun 2018 mereka kembali mempertahankan medali emas All England 2018 setelah mengalahkan pasangan dari Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan straight games, 21-18, 21-17, pada laga yang digelar di Arena Birmingham, Inggris.

Mereka juga berhasil memenangkan turnamen bulu tangkis lainnya. Salah satunya turnamen India Open 2018 Februari lalu, Duo Minions menorehkan hattrick. Karena sebelumnya, Marcus/Kevin juga menjuarai India Open di tahun 2016 dan 2017. Rekor tiga kemenangan beruntun tersebut sendiri belum pernah diraih oleh para pebulutangkis dunia di turnamen manapun.

3 dari 4 halaman

Siman pecahkan rekor di SEA Games 2017

altet Indonesia berprestasi di dunia. ©Instagram

Perenang asal Bali ini, I Gede Siman Sudartawa pada pergelaran SEA Games 2017 berhasil memecahkan rekor renang tercepat dalam waktu 25,20 detik. Raihan itu mengalahkan atlet Singapura Quah Zhen Weng yang mencatat 25,27 detik.

Pada SEA Games 2017, dia sukses mengalungkan dua medali emas. Selain gaya punggung, Siman raih emas pada nomor 4×100 meter.

4 dari 4 halaman

Muhammad Zohri juarai dunia lari 100 m

Lalu Muhammad Zohri pelari Indonesia dalam Kejuaraan Dunia IAAF U20. Roger Sedres/ www.iaaf.org

Sprinter asal Indonesia Lalu Muhammad Zohri (18) berhasil membawa medali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik U20 pelari 100 meter putra yang diselenggarakan di Finlandia. Dilansir dari situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), Kamis (12/2), ini merupakan medali emas pertama bagi Indonesia. Tercatat dalam 32 tahun terakhir posisi terbaik atlet Indonesia berada dalam finish posisi ke-8 yaitu pada tahun 1986.

"Saya sangat senang dengan kejuaraan junior ini. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga - ini adalah pengalaman yang luar biasa dan ini sangat bagus untuk karir saya. Bahkan berada di final adalah berkah yang besar," ujarnya. (mdk/has)

Baca juga:
Juara dunia lari, Lalu Zohri latihan tanpa alas kaki karena tak punya sepatu
Kecepatan Lalu Zohri mengantarnya dari rumah renta menjadi juara dunia
Rumah sederhana pelari asal Indonesia, juara dunia di Finlandia
Jokowi: Kita bangga Zohri jadi juara lari 100 meter tingkat dunia
Pelari Indonesia Zohri cetak sejarah lari 100 meter atletik dalam kejuaraan dunia