Gowes Nusantara Banjarmasin Torehkan Sejarah

OLAHRAGA | 8 September 2019 14:28 Reporter : Bagus Suryadinata

Merdeka.com - Rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 di Kalimantan Selatan terus berlanjut. Menyemarakan puncak Haornas, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar Gowes Nusantara.

Gowes Nusantara Banjarmasin dapat dikatakan berlangsung spesial. Setidaknya Gowes kali ini diikuti lebih dari 8000 pegowes.

"Untuk kegiatan hari ini Gowes Nusantara diikuti lebih 5000 peserta terdaftar. Lalu ada kawan-kawan sleirub Indonesia dan seluruh Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan, jadi total 8000 peserta," kata Kadispora Kota Banjarmasin, Taufiq Rohani.

Tak hanya 8000 pegowes, Gowes Nusantara ini menambah spesial. Sebab dari 8000 peserta ada juga kaum disabilitas Tuli yang ikut serta.

Mereka dilibatkan langsung dalam menyanyikan Lagi Indonesia Raya. Hal ini menjadi sesuatu yang baru dalam pelaksanaan Gowes Nusantara. Hal ini seperti diutarakan oleh Staf Ahli Bdiang Hukum Kemenpora, Dr Syamsudin.

"Gowes Nusantara pertama di Indonesia yang melibatkan teman disabilitas saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selain itu Gowes kali ini juga di iringi drum band uang datang langsung dari Jakarta," kata Syamsudin.

Gowes Nusantara kali ini memang menjadi Andalan Haornas 2019. Malam puncak Hornas 2019 sendiri akan berlangsung malam nanti di Menara Pandang Siring Kota Banjarmasin.

(mdk/paw)

TOPIK TERKAIT