Kobe Bryant, Atlet Basket yang juga Berhasil Meraih Piala Oscar

Kobe Bryant, Atlet Basket yang juga Berhasil Meraih Piala Oscar
OLAHRAGA | 27 Januari 2020 12:59 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kobe Bryant meninggal dunia pada 26 Januari 2020 akibat kecelakaan helikopter. Pada kejadian tersebut, putri dari pebasket yang berjulukan Black Mamba itu juga jadi korban kecelakaan nahas ini.

Semasa hidupnya, Kobe Bryant merupakan salah satu sosok pemain basket legendaris yang sarat prestasi. Penghargaan baik secara individual maupun gelar juara secara tim juga pernah disabet oleh Kobe Bryant.

Kobe Bryant pertama kali masuk NBA langsung dari SMA pada tahun 1996. Dia merupakan shooting guard pertama yang di-draft langsung dari bangku SMA. Kobe juga tercatat hanya pernah berseragam Los Angeles Lakers hingga pensiun tahun 2016.

1 dari 4 halaman

Mencatat Sejumlah prestasi Individual dan Tim

Pada klub asal Los Angeles ini, Kobe tercatat sebagai pencetak angka, serta jumlah bermain dan kemenangan terbanyak di klub tersebut baik pada musim reguler maupun playoffs. Dua nomor punggung yang pernah dikenakannya yaitu 8 dan 24 dipensiunkan di klub tersebut dan merupakan satu-satunya pemain dengan dua nomor yang dipensiunkan pada tim yang sama.

Kobe tercatat pernah menjadi juara NBA sebanyak lima kali dan menjadi finals MVP sebanyak dua kali serta MVP 2008. Selain itu, dia memperoleh penghargaan All NBA sebanyak 15 kali, All Defense 12 kali, serta dua kali menjadi pencetak angka terbanyak dalam satu musim

2 dari 4 halaman

Raih Piala Oscar

oscar

Selain sebagai pemain basket andal, tak banyak yang menyadari bahwa Kobe Bryant juga pernah memboyong piala Oscar. Melalui film "Dear Basketball", dia meraih penghargaan film animasi pendek terbaik.

Pada film ini, dia bekerjasama dengan animator Glen Keane yang pernah memproduksi The Little Mermaid dan Beauty and The Beast bersama Disney. Selain itu, Terdapat John Williams juga yang terlibat dan merupakan komposer dari Star Wars.

3 dari 4 halaman

Animasi Sebagai Salam Perpisahan

Film animasi Dear Basketball ini merupakan salam perpisahan Kobe terhadap olahraga yang dicintainya.

"Animasi bisa menangkap emosi pada cerita pada cara yang lebih lengkap dan visual dibanding film langsung," terang Bryant dilansir dari New York Times.

Folm ini mengilustrasikan puisi yang ditulis Bryant pada tahun 2015 sebagai salam perpisahan pada olahraga yang dia cintai. Pada puisi tersebut, Bryant mengungkap bahwa tubuhnya sudah tak dapat lagi mengikuti perkembangan permainan basket sehingga dia menyatakan untuk pensiun.

Terkait masuknya film tersebut ke nominasi Oscar, pada saat itu Kobe Bryant membuat cuitan sebagai berikut.

What?? This is beyond the realm of imagination. It means so much that the @TheAcademy deemed #DearBasketball worthy of contention,

Thanks to the genius of @GlenKeanePrd & John Williams for taking my poem to this level. Its an honor to be on this team. #OscarNoms.

4 dari 4 halaman

Mengakhiri Karir di NBA dengan Laga Perpisahan Luar Biasa

di nba dengan laga perpisahan luar biasa

Selain mengakhiri karirnya dengan membuat puisi dan film, laga akhir yang dilalui Kobe Bryant juga tak kalah luar biasa. Pada laga menghadapi Utah Jazz pada 13 April 2016 ini, Kobe Bryant mencetak 60 angka.

Poin tersebut didapatnya melalui 22 tembakan masuk dari total 50 tembakan. Jumlah poin ini juga menjadi tanda bagaimana sepanjang karirnya Kobe Bryant merupakan seorang pencetak angka andal.

Selamat Jalan Kobe! (mdk/RWP)

Baca juga:
Kobe Bryant Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Helikopter
Meninggal, Kobe Bryant Tinggalkan Kekayaan Rp10,47 Triliun
Kobe Bryant Tak Mau Dikenang Sebagai Pebasket Andal Tapi Investor Cemerlang
Kobe Bryant dan Anak Perempuannya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami