Menpora: Kita Tidak Akan Intervensi Masalah Internal Cabang Olahraga

OLAHRAGA | 31 Oktober 2019 14:17 Reporter : Bagus Suryadinata

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, pemerintah tidak akan masuk terlalu dalam atau intervensi terhadap persoalan internal di setiap cabang olahraga. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. Belum lagi setiap cabang olahraga memiliki induk di dunia internasional.

"Kalau sepakbola ada FIFA. Disamping Kemenpora, juga ada KONI yang juga memantau kegiatan olahraga termasuk sepakbola itu sendiri."

"Kita selalau dalam jalur dan posisi sesuai Undang Undang SKN kita, kita minta cabang olahraga bisa menyelesaikan masalah internalnya, karena kita tidak bisa masuk terlalu dalam atau intervensi," ujar Menpora dalam program Mata Najwa di Jakarta.

Dia mencontohkan, sepak bola Indonesia masih memiliki persoalan. Namun, pemerintah mempersilakan PSSI sebagai induk organisasi tertinggi di Tanah Air untuk menyelesaikannya. Meski begitu, peran pemerintah akan tetap mengontrol jalannya keberhasilan sepak bola Indonesia.

"Sebelumnya saya masuk sebagai Menpora, saya sudah mengikuti jauh tentang sepakbola Indonesia. Memang saya lihat carut marutnya sangat luar biasa, kita mulai dari mana membenahinya saja juga bingung."

"Tapi pemerintah tidak boleh tidak memiliki posisi dalam menyikapi hal ini, dan kami di Kemenpora memberi kepercayaan penuh dan kita berikan kewenangan kepada seluruh cabang olahraga untuk mengatur masalah internalnya, tetapi tetap dalam kontrol kita," tuntasnya.

(mdk/paw)

TOPIK TERKAIT