100 Inspector OLX Autos Terima Sertifikat Kompetensi Profesi dari BNSP

100 Inspector OLX Autos Terima Sertifikat Kompetensi Profesi dari BNSP
100 inspector OLX Autos mendapat sertifikat kompetensi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profe. ©2021 Merdeka.com
OTOMOTIF | 24 Juni 2021 15:55 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Sebanyak 100 inspector OLX Autos mendapatkan sertifikat kompetensi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Profesional Indonesia (LSP-TOP Indonesia). Sertifikasi kompetensi ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan kepada konsumen dan juga kualitas sumber daya manusia yang andal dan berdaya saing global.

BNSP adalah lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang dan bertanggung jawab langsung kepada presiden RI, memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Sementara LSP-TOP Indonesia merupakan lembaga mitra BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi terhadap petugas berprofesi teknisi otomotif di seluruh Indonesia.

Hendri Tadjuni, COO OLX Group Indonesia, mengatakan salah satu basis dalam bisnis saat ini adalah kepercayaan, begitu juga dengan bisnis di OLX Autos. Proses inspeksi dalam kegiatan jual-beli mobil adalah hal dasar yang membutuhkan kepercayaan dari konsumen sehingga dibutuhkan inspector yang berkualitas, kompeten, dan memiliki keahlian di bidangnya.

“Proses inspeksi adalah fondasi bisnis jual-beli mobil karena keputusan konsumen dalam membeli mobil dilihat dari inspection report. Tentu harus ada kepercayaan ketika konsumen membaca hasil inspeksi, informasinya harus memadai hingga konsumen memutuskan membeli atau menjual mobil. Agar konsumen percaya, tentu proses inspeksi juga harus terpercaya, apakah diinspeksi oleh tim ahlinya atau tidak, di sini dibutuhkan pembuktian bahwa para inspector kammi terpercaya, kompeten, dan berpengalaman,” kata Hendri, dalam rilisnya, kemarin.

Hendri berharap sertifikasiBNSP melalui LSP-TOP Indonesia kepada 100 inspector OLX Autos bisa semakin meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan sekaligus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Jumari, Direktur LSP-TOP Indonesia, menambahkan LSP-TOP Indonesia mendapatkan amanat BNSP untuk melaksanakan sertifikasi di sektor otomotif.

"Kami sudah melakukan nota kesepahaman atauu Memorandum of Understanding dengan OLX Autos untuk melakukan sertifikasi para inspector. Sertifikasi kompetensi ini adalah bukti bahwa OLX Autos peduli dengan tenaga kerja yang dimilikinya sehingga diakui industri. Konsumen bisa mengetahui bahwa mobil yang mereka beli berkualitas atau tidak, setelah mereka mengetahui bahwa proses inspeksinya dilakukan oleh orang-orang yang bersertifikat dan kami harus berani menggaransi itu,” kata Jumari.

Sementara Komisioner BNSP Mulyanto menyatakan BNSP akan memastikan dan menggaransi bahwa tenaga kerja, inspector OLX Autos, yang sudah tersertifikasi adalah orang-orang berkualitas dan ini bisa dibuktikan.

"Ke depan, ini akan menjadikan pelayanan OLX Autos lebih baik lagi, dan begitu juga hubungannya dengan konsumen karena konsumen akan senang dan puas bila mobil yang mereka beli berkualitas dan telah diinspeksi oleh orang yang kompeten. Harapannya, ini bisa menjadi dorongan bagi industri yang lain agar para tenaga kerjanya bisa tersertifikasi,” tutur Mulyanto. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami