16 kota dan kabupaten berebut terbaik tata kelola keselamatan jalan

16 kota dan kabupaten berebut terbaik tata kelola keselamatan jalan
OTOMOTIF | 10 Juli 2015 16:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Di penyelenggaraan tahun ketiga, IRSA 2015 semakin dipercaya sebagai ajang penghargaan yang bergengsi di kalangan pemerintah kota dan kabupaten. Hal ini terlihat dengan meningkatkannya jumlah partisipasi kepesertaan pada ajang IRSA 2015 yang meningkat sangat tajam yaitu sekitar 64 persen.

"Kami sangat gembira program IRSA yang masih berusia dini ini telah semakin dikenal di Indonesia. Dengan adanya peningkatan jumlah peserta yang sangat tajam, kami berharap agar ajang ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah kota dan kabupaten untuk mengevaluasi penerapan road safety yang dimiliki kota atau kabupatennya," ujar Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance

Pada tahun 2015 ini, kota atau kabupaten yang mendaftar sebanyak 61 peserta. Jumlah peserta tersebut meningkat dari tahun 2014 lalu yaitu sebanyak 41 peserta. Pada ajang IRSA 2015 ini masih menerapkan metode serupa dari tahun 2014 yaitu 'Metode Partisipatif' dimana IRSA 2015 membuka pendaftaran secara aktif bagi pemerintah kota dan kabupaten yang ingin berpartisipasi dan 'Metode Rekomendasi' dimana para pakar keselamatan jalan merekomendasikan peserta yang memenuhi kriteria ÍRSA 2015. Adapun jumlah peserta terbesar diperoleh dari metode partisipatif.

Diawali dengan tahapan sosialisasi dan pendaftaran yang telah ditutup di akhir April lalu, ajang 'IRSA 2015' juga telah menjalankan tahapan shortlisting yaitu proses seleksi yang dilakukan pada bulan Mei - Juni 2015 oleh sejumlah pakar dari berbagai stakeholder road safety.

dan kabupaten berebut terbaik tata kelola keselamatan jalan 0e7a97

Dari hasil shortlisting tersebut, terpilih 16 kota atau kabupaten sebagai semifinalis IRSA 2015 yang diumumkan secara resmi di acara Kick Off 'IRSA 2015' di Glass House, Hotel Ritz Carlton Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta, Kamis malam (9/7).

Ajang yang berawal dari kampanye 'I Wanna Get Home Safely (IWGHS)' yang merupakan sebuah kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dari Adira Insurance ini secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk terus mendorong kesadaran yang menyeluruh tentang keselamatan jalan sekaligus secara tidak langsung akan berdampak positif pada penurunan tingkat kecelakaan di jalan.

Pada setiap tahun penyelenggaraannya, Adira Insurance bersama dengan pakar road safety juga kerap melakukan evaluasi mengenai hal-hal yang perlu dibenahi atau ditingkatkan sehingga ajang ini mencapai kesempurnaan dan peningkatan kredibilitas.

Dan berbekal dari evaluasi pada penyelenggaraan IRSA tahun 2014 lalu, pada penyelenggaraan 2015 terdapat sedikit perbedaan yaitu pada kategorisasi kota atau kabupaten yang terbagi menjadi 4 kategori yang berbeda, yaitu kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa, kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa, kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa, dan kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa.

Hingga saat ini, ajang IRSA 2015 tengah memasuki tahapan survei dan observasi lapangan. Panitia akan terjun ke lapangan untuk melakukan cek data dengan kondisi lapangan sesungguhnya sehingga didapatkan hasil yang sesuai dengan kondisi terkini dan maksimal.

Penganugerahan IRSA 201' kembali didukung oleh berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas Polri, Kementerian Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, badan Perencanaan Pembangunan Nasional, World Health Organisation, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan berbagai pihak pemerintahan, swasta, atau lembaga sosial masyarakat lainnya.

(kpl/nzr/fjr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami