2 hal penyebab AC tidak dingin

2 hal penyebab AC tidak dingin
OTOMOTIF | 22 Oktober 2015 14:36 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - AC tidak dingin bisa menjadi persoalan di tengah perjalanan kendaraan kala musim kemarau seperti ini. Suhu malam hari di kawasan perkotaan seperti Jakarta saja bisa mendekati angka 30 derajat celsius, apalagi saat siang.

penyebab ac tidak dingin 838368

Apa yang lantas menyebabkan AC mobil tidak dingin, Haji Rohim selaku pemilik Sejuk AC, autorhized dealer produk penyejuk Denso, mengatakan bahwa pada dasarnya masalah itu terbagi dalam dua hal, yakni kerusakan secara mekanis dan elektris.

Kerusakan secara mekanis berarti freon berkurang atau bahkan habis. Kondisi ini terjadi akibat kebocoran di bagian evaporator.

"Yang paling banyak, freonnya habis. Itu secara mekanis. Mungkin bocor di evaporator, di dalam," ujarnya.

penyebab ac tidak dingin 40105a

Kebocoran bisa ditanggulangi dengan penambalan atau pengelasan. Namun adakalanya bahan baku kurang bagus sehingga kebocoran akan merembet di banyak titik.

"Kalau sifatnya sementara, bisa ditambal. Kalau mau lebih sip ya diisi ulang. Kalau dilas ya kuat, tetapi kalau mau permanen ya ganti. Kalau ditambal, titik ini ditambal, titik yang lain tidak," katanya.

Sementara itu, kerusakan secara elektris terjadi karena kompresor mati. Namun, kerusakan kompresor bisa terjadi karena sejumlah faktor, mulai dari kabel, hingga komputer mobil.

"Secara elektris, mungkin kompresornya mati. Enggak jalan. Itu kan menimbulkan AC enggak dingin. Blower doang. Penyebabnya ini apa, mungkin sekring putus. Mungkin magnetnya mati. Mungkin kabel atau dari komputernya. Ini kan semua sudah diset dari komputer ya. Dari komputernya sendiri bermasalah, itu bisa juga," ujarnya.

(kpl/why/lrs)

TOPIK TERKAIT
more tag

Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami