3 Alasan Utama yang Bikin Mobil Listrik Begitu Digandrungi Sekarang Ini

3 Alasan Utama yang Bikin Mobil Listrik Begitu Digandrungi Sekarang Ini
©Shutterstock.com
OTOMOTIF | 30 Juli 2022 19:44 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Belakangan ini mobil listrik mulai banyak dijumpai di jalanan Indonesia. Hal ini menjadi bukti jika masyarakat tanah air mulai tertarik menggunakannya.

Apalagi infrastruktur penunjangnya juga sudah banyak ditemukan, setidaknya di beberapa kota besar di pulau Jawa. Selain itu, tak sedikit brand-brand otomotif ternama yang menawarkan mobil listrik dengan berbagai diskon hingga layanan purna jual yang menguntungkan.

Wajar, jika masyarakat pun mulai tergiur untuk berpaling dari mobil konvensional. Lebih lanjut, berikut beberapa alasan yang membuat mobil listrik tengah menjadi tren saat ini!

2 dari 4 halaman

Lebih Hening Karena Bisa Kurangi Polusi Suara

karena bisa kurangi polusi suara rev3Shutterstock.com

Mobil listrik kian ramah lingkungan, karena lebih hening dan tidak berisik saat digunakan. Masyarakat pun jadi tak perlu sampai merasa penat, karena mendengar suara mesin kendaraan yang lalu lalang di jalan raya.

Meski begitu, mobil listrik ini tetap dilengkapi sistem suara buatan yang disebut sebagai Accoustic Vehicle Alert System (AVAS). Tujuannya agar mampu memberikan kewaspadaan, terutama kepada para pejalan kaki yang melintas di jalan raya.

Namun, tetap saja suaranya tidak sekeras mobil konvensional, sehingga saat lewat di perumahan, tak sampai mengganggu ketentraman masyrakat yang tinggal di sana.

3 dari 4 halaman

Lebih Mudah dalam Perawatan Mesin

dalam perawatan mesin rev3Shutterstock.com

Dibandingkan mobil konvensional, mobil listrik relatif lebih mudah dalam hal perawatan mesin. Kendaraan ini hanya perlu penggantian baterai mobil dan komponen rem secara berkala.

Terlebih lagi baterai mobil listrik ini dibuat dengan garansi baterai dalam hitungan tahun. Jadi, tak perlu bolak-balik masuk bengkel.

Dari segi biaya dan waktu juga lebih hemat, karena mobil listrik tidak menggunakan komponen bergerak dalam sistem mesinnya, sehingga tak perlu sering-sering melakukan perbaikan.

4 dari 4 halaman

Lebih Ramah Lingkungan

lingkungan rev3Shutterstock.com

Berbeda dengan mobil pada umumnya, mobil listrik tidak dilengkapi dengan knalpot. Hal ini karena mobil listrik tak mengeluarkan gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan.

Dari sisi dampaknya bagi lingkungan, mobil listrik juga berkontribusi secara tak langsung dalam menjaga kualitas udara, sehingga bebas polusi bahan bakar.

Dampak lebih lanjut, mobil listrik dianggap dapat meminimalkan emisi gas rumah kaca. Hal tersebut berdampak pada pengurangan jejak karbon dan menjaga lapisan ozon tetap hemat.

Apabila banyak masyarakat yang menggunakannya, maka dampak pemanasan global yang banyak dipicu karena polusi udara juga dapat ditekan. Masyarakat pun bisa hidup lebih sehat karena bisa menghirup udara bebas polusi setiap hari.

Selain itu dengan menggunakan mobil listrik, jalanan bisa bebas macet akibat antre di SPBU. Sebab, pengisiannya daya listriknya bisa dilakukan di rumah, kantor maupun pusat perbelanjaan yang menyediakan charging station.

Itulah tiga alasan utama yang membuat mobil listrik jadi lebih digandrungi belakangan ini, terutama oleh masyarakat urban di kota-kota besar. Kalau menurut Anda, apa yang membuat mobil listrik ini diminati belakangan ini?

(mdk/tmi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini