97.290 Unit Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion Produksi 2017 Kena Recall

97.290 Unit Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion Produksi 2017 Kena Recall
Daihatsu Great New Xenia. Daihatsu.co.id
OTOMOTIF | 18 Maret 2021 16:18 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis kegiatan penarikan kembali (recall) terhadap tiga model kendaraan; Xenia, Rush, dan Sirion tahun produksi Oktober 2017. Recall ini dilakukan akibat ada problem di komponen fuel pump (pompa bahan bakar). Total ada 97.290 unit kendaraan yang kena recall ini.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, menjelaskan salah satu komponen pompa bahan bakar, yakni impeller, yang mengembang dan melengkung melebihi standar ADM. Kasus yang terjadi impeller mengembang jadi 26 mikron dari standar ADM yang 19 mikron.

"Impeller yang melengkung itu menyebabkan bensin tidak bisa mengalir ke ruang bakar sehingga mesin mobil bisa mati atau sulit dihidupkan," ujar Bambang dalam jumpa pers daring, Kamis (18/3).

Bambang menyatakan, kasus ini bermula dari sekitar 24 konsumen Daihatsu yang mengeluhkan mesin kendaraannya mati atau sulit dihidupkan pada kondisi parkir lama atau saat berhenti di lampu merah. Setelah ADM melakukan investigasi terhadap unit kendaraannya, ditemukan ada komponen impellerfuel pump mengembang lebih dari standar pabrikan.

"Konsumen yang unit kendaraannya kena recall akan dikonfirmasi oleh ADM. Penggantian impeller ini bisa ditunggu, karena perbaikannya hanya dua jam dan gratis," ucapnya.

Kata dia, ADM tetap melayani unit kendaraan, meski kendaraannya sudah pindah tangan atau dijual atau masa garansinya sudah habis. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami