Ada proyek mobil XM, bisnis model Mitsubishi Indonesia berubah total

OTOMOTIF | 11 Agustus 2016 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mobil konsep Mitsubishi XM baru akan melakukan debut premiere dunia di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada Kamis (11/8) siang ini. Namun, Osamu Masuko, Chairman-CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang sedang berada di Jakarta sejak kemarin berbagi rencana besar di balik proyek mobil konsep crossover MPV ini.

Kata Osamu, XM Concept akan bermain di segmen MPV kompak 7 penumpang yang pasarnya sangat besar di Indonesia. Mobil ini mengambil kekuatan mobil sport utility vehicle (SUV) Mitsubishi yang diwakili model Pajero Sport. Modal kekuatan SUV inilah yang diaplikasikan di proyek kendaraan penumpang Indonesia.

"Kami akan fokus develop kekuatan itu, yang akan diberdayakan di pabrik baru Cikarang. Pabrik baru ini penting karena kali pertama produk ekspor Mitsubishi dari Indonesia," kata Osamu usai berkunjung dari pabrik baru Mitsubishi Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (10/8).

Proyek XM Concept, lanjut dia, akan mengubah bisnis model Mitsubishi Indonesia. Selama ini kami berorientasi pada kendaraan komersial di Indonesia. Namun dengan proyek mobil XM concept dan pabrik baru yang akan memproduksi Pajero Sport dan XM, orientasi Mitsubishi Indonesia berubah ke kendaraan penumpang. Rencananya mobil XM akan diproduksi di pabrik baru Cikarang mulai Oktober 2017.

"Kami ubah bisnis model ke kendaraan penumpang lewat model SUV dan MPV di Indonesia," ucap dia.

Osamu Masuko, Chairman-CEO Mitsubishi Motors Corporation ©2016 Merdeka.com

Tsunehiro Kunimoto, Corporate General Manager of Design Office MMC, menambahkan XM Concept akan menggunakan mesin bensin 1.500 cc. Konsepnya adalah minivan atau MPV generasi terbaik di pasar MPV Indonesia.

Dengan konsep compact MPV, pesaing mobil XM bisa saja model low MPV seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Pemilihan konsep tersebut juga berdasarkan tren dunia otomotif yang berubah. Dari semua model hatchback dan sedan yang populer ke model crossover dan SUV.

"Pasar MPV dan compact MPV Indonesia besar. Maka itu kami menawarkan evolusi yakni MPV dengan daya tarik SUV. Dengan kekuatan Mitsubishi di segmen SUV, kami yakin bis meraih pasar yang kompetitif dan berharga ini," ujarnya.

Baca juga:
Menantikan debut Mitsubishi XM Concept Crossover SUV di GIIAS 2016
Potensi masih besar, KTB tambah dealer Mitsubishi di Bekasi Barat
Kini, Mitsubishi New Mirage resmi hadir di Indonesia
Mitsubishi pamerkan mobil konsep 'garang' di GIIAS 2016
Mitsubishi Indonesia pastikan New Mirage meluncur selasa pekan depan
New Mitsubishi Mirage, The true city car
Saham Mitsubishi ambruk 15 persen usai akui palsukan hasil tes BBM

Tak kalah menarik:
7 Mobil buatan Indonesia ini miliki desain kelas dunia
Mengapa membaca atau bermain hape di mobil bikin pusing?
Beli mobil murah? Perhatikan 4 hal ini sebelum menyesal!
Yuk, kenalan dengan Maria Pettersson, pilot terseksi di Instagram
Ini dua olahraga yang bisa buat Anda panjang umur!

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT