Ada SUV Creta, Hyundai Arahkan Mitra Bisnis Ekspansi Diler ke Pusat Kota

Ada SUV Creta, Hyundai Arahkan Mitra Bisnis Ekspansi Diler ke Pusat Kota
Hyundai Gowa resmikan diler flagship di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 3 Februari 2022 09:35 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Hyundai Motors Indonesia (HMID) mulai fokus ke segmen medium high, setelah segmen premium pada tahun lalu. Maka itu, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini bersama mitra bisnisnya mulai ekspansi diler ke lokasi di pusat kota.

"Tahun lalu kami fokus membangun jaringan diler di ibukota provinsi, tahun ini kami akan bangun jaringan ke pusat-pusat kota," ujar Makmur, Chief Operating Officer (COO) HMDI, usai grand opening Hyundai Gowa Pramuka dan Narogong-Bekasi di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, kemarin (2/2).

Makmur menjelaskan, Hyundai Indonesia mulai masuk ke segmen medium high sejak memasarkan model SUV Hyundai Creta pada November tahun lalu. Untuk itu, pihaknya mendorong mitra bisnisnya melakukan ekspansi diler ke pusat-pusat kota pada tahun ini.

Prinsipnya, HMID membuka kesempatan kepada mitra bisnis untuk ekspansi diler ke pusat kota bila punya lokasi yang menarik. Tentu saja setelah dilakukan evaluasi oleh HMID terkait potensi pasar di lokasi yang dimaksud.

"HMID berikan market potential analysis ke mitra bisnis bila ingin membuka diler di satu kota. Kami akan melihat potensi pasar masing-masing wilayah/kota, pasar yang bisa diserap apa saja, produk Hyundai apa saja yang dimiliki, dan sebagainya. Jadi semuanya sejalan dengan perkembangan produk dan potensi pasarnya. Karena kami tidak mau mitra ekspansi ke pasar yang tidak bagus, Kami ingin sama-sama menguntungkan," papar Makmur.

Namun, lanjut dia, HMID tidak menargetkan jumlah diler secara absolut pada tahun ini. Padahal tahun lalu HMID menargetkan secara spesifik jumlah dilernya 100 outlet, tumbuh dari 2020 yang hanya 20 outlet.

Untuk tahun ini, kami tidak targetkan jumlah diler secara spesifik, tapi kami fokus ke operasional diler. Namun, bila mitra bisnis ingin mengembangkan diler baru, tentu saja diberikan kesempatan seperti mitra bisnis Hyundai Gowa.

"Yang terbaru kami akan mengembangkan fasilitas body and paint," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

SUV Creta Jadi Andalan Hyundai

all new hyundai creta
©2022 Merdeka.com

Chief Operation Officer Hyundai Gowa Sigit Wahyu Anggoro menambahkan, hingga akhir Februari tahun ini, pihaknya akan mengoperasikan 12 diler. Ke-12 diler tersebut tersebar berbagai lokasi, seperti Jakarta, Surabaya, Makassar (2 diler), Manado, Bandung, dan Tasikmalaya.

"Pihak HMID sudah memberikan izin kepada Hyundai Gowa, jadi kami menargetkan menambaah diler lagi menjadi 17 outlet hingga akhir tahun ini," kata Sigit bersemangat.

Dia menjelaskan Hyundai Gowa berani melakukan ekspandi diler karena yakin menjadi mitra bisnis Hyundai Indonesia. Pertumbuhan penjualan Hyundai Indonesia dalam dua tahun terakhir menjadi buktinya.

"Penjualan Hyundai di Januari saja lebih 1.000 unit, padahal penjualan sepanjang tahun lalu 3.000 unit. Jadi kami yakin jadi mitra Hyundai karena itu, bersama ekspansi produk-produk barunya," pungkas Sigit seraya menambahkan model Creta jadi fokus penjualannya.

Saat ini Hyundai Indonesia memasarkan mobil listrik Ioniq dan Kona, Palisade (SUV), Santa Fe (SUV), Staria (MPV), dan model terbaru Creta (SUV kompak).

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami