Ajang Balap MXGP Kembali ke Indonesia pada 24-26 Juni 2022

Ajang Balap MXGP Kembali ke Indonesia pada 24-26 Juni 2022
MXGP of Indonesia 2022 diselenggarakan di Samota, Sumbawa, NTB, pada 24-26 Juni.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 22 Mei 2022 07:07 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Ajang balap bertajuk MXGP of Indonesia 2022 resmi diumumkan secara nasional dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin.

Konperensi pers itu dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah selaku tuan rumah MXGP of Indonesia 2022, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, dan beberapa pemangku kepentingan penyelenggara MXGP of Indonesia 2022.

MXGP of Indonesia 2022 akan diselenggarakan di Samota, Sumbawa, NTB, pada 24-26 Juni yang bisa diakses info detailnya di laman MXGP.com. Tahun ini MXGP kembali ke Indonesia setelah 2 tahun absen akibat pandemi.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan pihaknya melihat keberhasilan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Maret lalu sehingga kami ingin bawa event MXGP ini ke Sumbawa. Dahulu Sumbawa pernah mengguncang dunia lewat Gunung Tambora.

"Kami ingin buktikan kalau kami berani gelar MXGP. Kalau NTB bisa menggelar MXGP, mestinya daerah lain juga bisa. Mungkin masih banyak yang meragukan, tapi dengan komitmen pemerintah provinsi NTB dan dukungan IMI yang luar biasa, kami yakin penonton bukan hanya disuguhkan dengan petualangan hebat MXGP, tapi juga akan mendapat pengalaman spriritual yang luar biasa,” kata gubernur NTB dalam rilisnya, kemarin.

Sumbawa akan giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistik. Lokasi Samota di Sumbawa dipilih karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup populer di dunia (Saleh, Moyo, dan Tambora). Harapannya, ajang MXGP akan menjadi titik awal Samota dikenal lebih baik di dunia.

Penyelenggara balapan menargetkan jumlah penonton MXGP mencapai 75.000 orang selama tiga hari dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai pilihan yang akan diumumkan pekan depan.

Bambang Soesatyo menambahkan kegiatan otomotif di Indonesia akan semakin banyak dengan kembalinya MXGP of Indonesia 2022. Selain itu, kami sedang mempersiapkan ground breaking untuk pembangunan sirkuit Formula One di Bintan, Kepulauan Riau. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah selesai. Kegiatan otomotif semakin meningkat ketika sukses Sirkuit Mandalika membuktikan bahwa ekonomi itu bergerak tinggi. Bukan hanya kegiatan ekonomi, tapi promosi pariwisatanya menjangkau hampir seluruh dunia.

"Sebanyak 1,6 miliar mata dunia tertuju ke Mandalika dan kami berharap nanti saat kegiatan MXGP di Samota, Sumbawa juga begitu," pungkas Bamsoet.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami