Apa alasan Suzuki berani adakan Balap Satria 115 cc usia SMP?

OTOMOTIF » MALANG | 19 Mei 2015 18:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Ada yang berbeda dalam Suzuki Indonesia Challenge seri II yang diadakan PT Suzuki Indomobil Sales dalam menjaring bibit-bibit pembalap Indonesia. Mereka mengadakan dua kelas, yang salah satunya diperuntukkan bagi pembalap usia di bawah 14 tahun atau setara anak SMP.

Ide ini sebenarnya berangkat dari kondisi yang mereka lihat di lapangan kala tahap pertama Suzuki Indonesia Challenge (SIC) digelar di sejumlah kota di Indonesia. Seiring dengan fakta lapangan itu, di samping peluncuran "baby" Satria bermesin 115 cc, Satria Young Star, kelas "anak-anak" itu pun diadakan.

"Sebenarnya mereka bisa saja pakai Satria 150, tetapi kan anak-anak yang muda ini mau punya kelas sendiri. Pada saat kami keliling di lima kota, yang SIC I, itu enggak sedikit anak-anak muda itu kami tolak karena umurnya ada yang baru 11 tahun," kata Endro Nugroho, Senior Director Marketing & Sales 2W PT Suzuki Indomobil Sales.

Endro bahkan mengaku awalnya ketar-ketir saat melihat ada peserta balap di suatu wilayah di Jawa Timur yang bahkan belum bisa memijak sendiri ke aspal karena ukuran fisik yang belum cukup.

"Saya kan degdegkan sendiri ya. Waktu di Malang aja itu ada dua peserta yang saat start saja kakinya mesti dipegangin karena kakinya enggak nyampe. Lah daripada-daripada... ya dorong saja dengan ini dulu. Ya pebalap pemula-lah. Saya enggak mau dong kalau downgrade Satria. Satria mah biar buat yang main event-nya," kata Endro.

PT Suzuki Indomobil Sales akan membuat Suzuki Indonesia Challenge seri II berbeda dari sebelumnya. Mereka tetap mengandalkan Suzuki Satria FU 150, tetapi juga menggunakan model baru di kelas baru, yakni Satria Young Star 115 cc.

Satria Cup, one make race menggunakan Suzuki Satria FU 150, memiliki syarat usia pebalap 14-20 tahun. Sementara itu, ajang balap dengan Suzuki Satria F 115 Young Star untuk usia di bawah 14 tahun. Kedua balapan one make race ini memiliki syarat harus memiliki kartu izin pass, dan memiliki pengalaman membalap minimum 2 tahun.

(kpl/why/rd)


Sumber: Otosia.com

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.