Apakah Sienta 'Made in Indonesia' akan diekspor ke negara tetangga?

OTOMOTIF | 26 Juli 2016 17:13 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Dengan kapasitas produksi pabrik Toyota Sienta di Indo esia 4.000 unit, sedangkan target penjualannya 3.500 unit per bulan, ke mana sisa produksi 500 unit Sienta made in Indonesia ini?

Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan 500 unit Sienta produksi Indonesia akan diekspor ke empat negara di kawasan Asia. Sayang, Fukui tidak bersedia menyebutkan keempat negara tujuan ekspor tersebut.

All New Sienta diproduksi di pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat. Ini membawa Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang dipercaya memproduksi Sienta. Pabrik Sienta di Indonesia menelan investasi Rp 2,5 triliun. selain Indonesia, Sienta juga diproduksi di Jepang.

"Ada 4 negara yang menjadi tujuan ekspor Sienta made in Indonesia. Tapi saya dilarang menyebutkan oleh staf saya," kata Fukui usai acara All New Sienta Handover Ceremony di Jakarta, Selasa (26/7).

Hiroki Sunouchi, Project Manager Toyota Sienta dari Toyota Motor Corporation, kepada Merdeka.com, pernah menyebutkan Sienta merupakan minivan untuk pasar global. "Selain Indonesia, Sienta akan dijual ke Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam."

Kata Fukui, penjualan Sienta di Indonesia mencapai 9.000 unit per bulan atau sekitar 110.000 unit setahun. Dengan total pasar mobil Jepang sekitar 2,4 juta unit per tahun, pangsa pasar Sienta di Jepang sekitar 5 persen.

Sienta generasi pertama diluncurkan di Jepang pada September 2003. Sementara generasi kedua pada 9 Juli 2015.

Baca juga:
Hari ini, Toyota distribusikan 2.000 Sienta ke konsumen
Ini strategi Toyota jika permintaan Sienta lebih tinggi dari target
Penjualan retail sales Toyota semester 1 di 2016 capai 187.438 unit
Transmisi Manual Toyota Sienta Standar Eropa
Penjualan Toyota Sienta lebih dari 2.600 per Juni
Toyota capai 39 persen market share, Sienta resmi umumkan harga

(mdk/idc)