Balmerol 'Pede' Rilis Empat Seri Oli Motor SNI Kala Pandemi

Balmerol 'Pede' Rilis Empat Seri Oli Motor SNI Kala Pandemi
OTOMOTIF | 14 Juli 2020 13:14 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Produsen oli produk otomotif, PT Balmer Lawrie Indonesia (BLI), meluncurkan empat seri oli kendaraan roda dua, kemarin (13/7). Empat serial produk ini merupakan langkah perdana BLI di tahun ini memasuki pasar otomotif Indonesia. Setelah itu, perusahaan akan merambah oli kendaraan roda empat atau lebih.

Keempat seri yang diluncurkan tahun ini, yaitu MCO Matic Balmerol Superstar SAE 10W30, MCO Matic Balmerol Superstar SAE 20W40, MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 20, dan MCO NonMatic Balmerol Race 4T Champion Choice SAE 10W40. Semuanya dalam kemasan botol 800 mililiter.

Rudy Issudirman, Head of Retail Sales & Marketing BLI, menjelaskan alasan perusahaan memasarkan produk baru di tahun ini kala pandemi Covid-19. Pasar otomotif di Indonesia dinilai sangat prospektif. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam dua tahun terakhir, ada 146.858.759 unit kendaraan bermotor. Dari jumlah tersebut, 120.101.047 unit adalah sepeda motor. Belum termasuk data mobil penumpang, bus, dan truk.

"Ini semua adalah gambaran besar pasar oli baik oli motor, mobil penumpang, maupun oli untuk bus dan truk," ujar Rudy dalam rilisnya, Selasa (14/7).

Rudy mengakui Covid-19 membuat bisnis oli menurun, volumenya bisnisnya turun 30-50 persen di kuartal II tahun ini. KOndisi ini Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi semua pebisnis yang mengambil pasar ritel termasuk BLI.

Namun demikian, BLI optimistis terutama bahwa produk kami akan direspons pasar dengan baik, termasuk keterserapan produk-produk oli Balmerol. Saat ini kami akan memulainya lebih dulu dengan meluncurkan oli motor baik untuk motor matic maupun nonmatic.

Menariknya, seluruh produk Balmerol memiliki SNI, yang dirilis oleh Tuv Nord Group, penyedia layanan teknis asal Hannover, Jerman.

"Jadi produk oli kami sudah memenuhi standar keselamatan, kesehatan, dan keamanan yang merupakan acuan pemenuhan regulasi, bukan saja dalam skala industri nasional tapi juga internasional," katanya.

Keunggulan lainnya, produk oli motor Balmerol menggunakan WOW technology. Teknologi ini bukan saja menghasilkan mesin yang bersih, tapi juga kinerja kopling yang baik, perpindahan gigi yang mulus, lebih hemat bahan bakar, juga perlindungan mesin, clutch, dan gear secara menyeluruh.

1 dari 1 halaman

Strategi Pemasaran

produk pelumas mesin sepeda motor balmerol

©2020 Merdeka.com

Saat ini BLI fokus menyasar pasar di Pulau Jawa, dengan pertimbangan populasi outlet dan jumlah otomotif ritel sekitar 80 persen berada di Pulau Jawa. Perusahaan juga bekerja sama dan terus ingin menambah jumlah mitra distribusi, terutama yang memiliki jaringan luas untuk produk otomotif.

"Kami sangat terbuka jika ada pihak-pihak yang ingin menjadi mitra distribusi produk oli Balmerol," kata Rudy.

BLI juga melihat market digital menjadi peluang menarik saat ini untuk memperluas jejaring pemasaran dan mempermudah menjangkau konsumen produk Balmerol. Maka itu, saat ini perusahaan sedang dalam proses bekerja sama dengan beberapa penyedia platform digital.

BLI telah menyiapkan kapasitas produksi hingga 9 juta liter per tahun pada tahap awal ini melalui pabrik di Cikande, Serang, Banten. 

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami