Bionika asal Indonesia Juara I Shell LiveWire Top Ten Innovators Awards 2020

Bionika asal Indonesia Juara I Shell LiveWire Top Ten Innovators Awards 2020
OTOMOTIF | 30 November 2020 09:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Bionika, perusahaan rintisan asal Indonesia dengan fokus solusi energi, berhasil masuk dalam daftar 10 inovator terbaik. Bionika juga menjadi pemenang pertama kategori Transisi Energi pada ajang kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2020.

Hasil lomba telah diumumkan di perayaan Global Entrepreneurship Week pada medio November lalu.

Dian Andyasuri, Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, mengatakan ajang kompetisi global untuk menemukan solusi inovatif di antara alumni Shell LiveWIRE tahun ini mengusung tema Creating a More Liveable World atau Menciptakan Dunia yang Lebih Layak Huni.

"Ini wujud semangat dan ambisi keberlanjutan Shell dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam segala aspek bisnisnya termasuk memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat, seperti apa yang diciptakan oleh Bionika, inovator muda Indonesia di bidang energi,” ujar Dian dalam rilisnya, kemarin.

Top Ten Innovators Awards 2020 adalah bagian dari Shell LiveWIRE, sebuah platform/wadah yang mendorong kewirausahaan generasi muda di seluruh dunia. Tahun ini, kompetisi global Top Ten Innovators Awards diikuti oleh 136 peserta dari 15 negara. Mereka adalah para wirausahawan muda yang menunjukan keunggulan berinovasi dalam menawarkan solusi untuk beragam permasalahsan dan tantang energi di dunia.

“Terpilihnya Bionika, alumni Shell LiveWire Indonesia 2019, sebagai juara di tingkat global untuk kategori transisi energi, merupakan bukti bahwa generasi muda Indonesia menaruh perhatian besar terhadap solusi energi dengan melihat sumber daya di sekeliling mereka. Bionika berhasil menunjukkan keunggulan inovasinya, yaitu mengubah sampah menjadi listrik untuk membantu masyarakat pedesaan. Kami sangat bangga atas pencapaian Bionika dan akan terus mendukung perjalanan mereka agar menjadi pengusaha yang tangguh,” katanya.

Bionika berhasil membuat Bioreaktor, hasil inovasinya yang dapat mengubah limbah peternakan dan pertanian menjadi biogas dan mengonversinya menjadi listrik siap pakai, sehingga teknologi biogas terintegrasi dengan masyarakat pedesaan dan dapat mengakses energi bersih dengan mengubah sampah menjadi listrik.

Para 10 inovator terbaik terpilih akan menerima pembinaan langsung dari para ahli di Shell dan berpeluang untuk mengembangkan inovasi mereka melalui kerja sama sebagai pelanggan atau vendor Shell.

Baca Selanjutnya: Juara Utama Dapat Hadiah US$...

Halaman

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami