Bisnis mobil baru Adira drop di tengah badai ekonomi

Bisnis mobil baru Adira drop di tengah badai ekonomi
OTOMOTIF | 8 Juli 2015 16:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Badai ekonomi yang terasa di antara para produsen dan distributor resmi kendaraan bermotor, terutama roda empat, memberi efek pula kepada lembaga pembiayaan Adira. Jumlah konsumen yang memanfaatkan jasa mereka untuk mencicil mobil menurun dibanding tahun lalu.

Menurut Niko Kurniawan, Deputy Director -Head of Retail Car Adira Finance, penurunan ini diakuinya cukup jauh.

"Kami enggak tumbuh untuk mobil baru, sesuai market. Adira pun turun di mobil baru. Kami turun cukup jauh. Kami turun sekitar 20 persen (dibanding tahun lalu). Ini untuk mobil baru ya. Saya belum pegang data (hingga Juni). Penurunan Januari-Mei itu 16-17 persen," ujarnya.

baru adira drop di tengah badai ekonomi 5ff665.JPG

Sedari awal, target penjualan tahunan mobil baru di Indonesia sudah dipastikan stagnan di angka 1,2 juta unit seperti tahun sebelumnya, dan belakangan diprediksi menjadi 1,1 juta unit. Penyebabnya antara lain penguatan nilai tukar dolar Amerika terhadap rupiah.

Namun, bagi Adira sendiri, penurunan berlaku di mobil baru, tetapi tidak untuk mobil bekas. Peminat kendaraan tangan kedua dan seterusnya masih tinggi. Hingga Juni 2015 penyaluran pembiayaan kendaraan roda empat untuk mobil bekas naik sebesar 2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sebagian besar adalah kendaraan komersial.

baru adira drop di tengah badai ekonomi 0326d9.JPG

(kpl/why/rd)


Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami