Bodi All New Ertiga lebih besar tapi bensin lebih irit, ini kata Suzuki

Bodi All New Ertiga lebih besar tapi bensin lebih irit, ini kata Suzuki
All New Suzuki Ertiga 2018. ©2018 Merdeka.com
OTOMOTIF | 26 April 2018 18:22 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - All New Suzuki Ertiga klaim memiliki konsumsi bensin lebih irit sekitar 3 persen dari model lawas, meski dimensi bodinya lebih besar. Tepatnya lebih panjang 130 milimeter, lebar 40 milimeter, dan tinggi 5 milimeter.

Menurut hasil pengujian Balai Termodinamikaa, Motors, dan Propulsi (BTMP) badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), All New Ertiga bertransmisi manual memiliki konsumsi bensin 18,09 kilometer per liter, sedangkan versi lawasnya 17,51 kilometer per liter.

Untuk transmisi otomatis, All New Ertiga mengonsumsi 1 liter untuk 16,73 kilometer. Untuk pembanding di Ertiga lawas transmisi otomatis, Suzuki Indonesia tiada datanya.

Kok bisa lebih irit meski bodi lebih besar dan lebar?
all new suzuki ertiga 2018

All New Suzuki Ertiga 2018 ©2018 Merdeka.com


Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan dimensi bodi All New Ertiga memang lebih besar dan lebar, tapi sebenarnya bobotnya lebih ringan 50 kilogram, menjadi 1.125-1.135 kilogram.

Bobot lebih ringan ini dimungkinkan berkat penggunaan platform baru yang dinamakan Heartect. Simpelnya, Suzuki melakukan konfigurasi ulang terhadap sambungan plat-plat di bodi dari model kotak menjadi segitiga. Hasilnya, bodi All New Ertiga menjadi lebih ringan dan rigid.

"Teorinya setiap pengurangan bobot 100 kilogram, maka konsumsi bensin lebih irit 5-6 persen. Dalam kasus All New Ertiga, bobotnya berkurang 50 kilogram, jadi wajar bensinnya lebih irit sekitar 3 persen," ujar Harold saat keterangan pers di arena IIMS, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).
all new suzuki ertiga 2018

All New Suzuki Ertiga 2018 ©2018 Merdeka.com


Secara umum, Harold menjelaskan, fitur-fitur All New Ertiga dikembangkan sejak riset pasar pada 2012. Berdasarkan masukan para konsumen tersebut, ada tiga poin yang diinginkan pengguna di Suzuki Ertiga generasi kedua. Pertama, tampilan eksteriornya lebih berkarakter. Kedua, ftur entertainment lebih modern. Dan ketiga, fitur kenyamanan dan keamanan lebih lengkap.

"Maka itu, di poin kedua kami memasang fitur audio layar sentuh ukuran 6,8 inci di All New Ertiga. Kemudian kami menambahkan fitur electronic stability program/ESP selain ABS dan EBD," katanya.

Gound clearance turun 5 milimeter

Salah satu ubahan di All New Ertiga adalah ground clearance-nya justru turun 5 milimeter menjadi 180 milimeter dibandingkan generasi pertamanya. Penurunan ground clearance ini ada maksudnya.
all new suzuki ertiga 2018

All New Suzuki Ertiga 2018 ©2018 Merdeka.com


Yulius Purwanto, Head of 4W Prpdict Development and Accessories SIS, menjelaskan, hal ini dilakukan supaya sesuai dengan total engneering All New Ertiga yang didesain berdimensi lebih besar. Tujuannya, supaya All New Ertiga lebih luas, nyaman, dan baik.

Lagipula penurunan 5 milimeter ini dinilai tidak signifikan, yang penting tujuannya utamanya adalah All New Ertiga lebih baik dari generasi sebelumnya.

"Kami juga menggunakan mesin baru yang lebih besar, 1.500 cc yang memiliki detail komponen baru. Namun, secara jumlah, 50 persen komponen atau sekitar 1.000 komponen di All New Ertiga menggunakan komponen yang sama dengan Ertiga lama, sisanya komponen baru," ungkap Yulius. (mdk/ara)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami