Castrol ajak komunitas mobil rasakan virtual drift

Castrol ajak komunitas mobil rasakan virtual drift
Castrol perkenalkan virtual drift (Foto: Nazar)
OTOMOTIF | 28 Juni 2015 14:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Castrol Indonesia mengajak sejumlah komunitas mobil merasakan terbawa ke dalam dunia virtual drift 3D di kafe Rolling Stone, Kemang, Jakarta, Sabtu malam (27/6).

Kegiatan ini merupakan bagian kampanye Castrol Edge yang baru saja meluncurkan Titanium Trial Driving Challenge terbarunya. Titanium Trial Driving Challenge menghadirkan pembalap Formula Drift profesional Matt Powers yang mengendarai Roush Stage 3 Mustang ketika mengenakan headset canggih Oculus Rift Development Kit 2.

Di sini Matt Powers tidak dapat melihat dunia nyata di sekitarnya, namun terbawa ke dalam dunia virtual 3D yang berubah-ubah dengan sangat cepat.

komunitas mobil rasakan virtual drift d2b792

Untuk pertama kalinya di dunia, Castrol EDGE memadukan teknologi video games dan pengalaman mengemudi secara langsung dan nyata, menggunakan mobil modifikasi dan teknologi virtual reality yang membuat dunia bentukan komputer tersebut merespon gerakan pengemudi dan mobilnya secara real time.

Anggota komunitas mobil mengaku takjub dengan teknologi virtual tersebut. Mereka merasakan pengalaman seperti dalam video game tersebut yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan seperti batu-batu besar berjatuhan, trek yang runtuh, terowongan, tebing yang curam, bahkan penampilan bintang tamu pembalap yang dikenal lainnya - dengan bergeraknya tampilan seiring dengan manuver mengemudi dari Matt Powers.

Tantangan ini merupakan bagian dari Castrol EDGE Titanium Trials, sebuah rangkaian tantangan mengemudi bertenaga tinggi yang membawa manusia dan mesin bersama-sama mendorong batas dari performa maksimal yang dimungkinkan terjadi oleh Castrol EDGE dengan Titanium FST.

komunitas mobil rasakan virtual drift d29e6b

"Virtual Drift sangat menantang dan memacu adrenalin dengan cara yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Sangat menakjubkan bagi saya karena tidak hanya terlibat dan mencoba generasi terbaru dari teknologi gaming, tetapi juga atas kemungkinan yang terbuka balap motor ke depannya! Saya harus mengandalkan insting dan mobil untuk beraksi, dengan kekuatan dari Castrol EDGE pada mesin untuk meyakinkan saya bahwa mobil saya dapat mencapai kekuatan maksimum," ujar Matt Powers.

Serupa dengan Titanium Strong Blackout (Titanium Trial pertama), trek ini didesain untuk mendorong Matt Powers dan Mustang-nya mencapai kekuatan maksimum. Tantangan ini mampu dilampaui berkat Castrol EDGE, yang membuat Powers mampu meningkatkan dan mendorong kemampuannya hingga menjadi sekuat Titanium.

Teknologi Kreatif

Castrol EDGE dan ahli teknologi kreatif, Adam Amaral dan Glenn Snyder, berhasil mengembangkan teknologi baru yang mendukung uji coba tersebut. Dengan menggali data dari diagnosa internal mobil (OBD2) dan sistem pelacakan posisi eksterior (GPS dan pengukuran inersia), tim akhirnya berhasil melakukan sinkronisasi data dengan helm Oculus Rift DK2 milik Power.

Hasilnya, dari sebelumnya hanya dialami ketika duduk kini berubah menjadi bisa dialami secara mobile dalam kendaraan yang bergerak. Untuk pertama kalinya, tim berhasil 'mengubah' mobil sungguhan menjadi game controller raksasa, memungkinkan Powers merasakan dunia virtual melalui helm ketika dia berkendara sepanjang trek.

Setiap detil, mulai dari arah roda kemudi, putaran roda, hingga redaman dinamis dan posisi throttle dipantau, sehingga memungkinkan Castrol EDGE mensimulasikan kendaraan dengan tingkat akurasi hampir sempurna di dunia virtual.

Dengan Oculus Rift DK2 yang melakukan update 75 kali per detik, teknologi yang baru dibutuhkan untuk menyamai atau melampaui tingkat tersebut agar memberikan kepada Power pengalaman berkendara yang mulus. Keahlian dan fokus terhadap detil terkecilah yang membantu merealisasikan trial ini.

(kpl/nzr/lrs)


Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami