Cerita Chief Engineer soal Konsep Desain Suzuki Jimny dan Komentar Fans

OTOMOTIF | 22 Juli 2019 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Hasrat fans sejati Jimny akhirnya terpuaskan, setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan mobil SUV legendaris generasi keempat ini pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis pekan lalu.

Ini artinya Suzuki kembali merespons kerinduan pecinta Jimny di Indonesia, terutama yang kangen berat dan ingin bernostalgia dengan mobil pertamanya yang menjejak di aspal Indonesia sejak 1979 alias 40 tahun silam.

Maka hingga saat ini Jimny melalui tiga generasi dengan berbagai perubahan pada desain dan mesin. Jimny generasi keempat hadir membawa ciri khas generasi sebelumnya dengan model kotak (boxy), kompak, dan fungsional guna menunjang performa off-road.

Hiroyuki Yonezawa, Chief Engineer Jimny Suzuki Motor Corporation (SMC), menjelaskan konsep Jimny generasi keempat ini. Kata dia, secara keseluruhan, rancangan Jimny generasi keempat dibuat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang andal di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari sampai pengendara off-road profesional.

"Jimny terbaru hadir dengan desain lebih eksklusif, tapi tetap membawa gaya khas yang dicintai oleh para penggemar Jimny lintas generasi, ujar Yonezawa dalam keterangan resminya, kemarin.

Desain terbaru Jimny dikembangkan oleh SMC melakukan riset mendalam dengan mewawancarai para pengguna kendaraan off-road profesional untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka terhadap kendaraan yang mampu melintasi berbagai medan ekstrem. Selain itu, SMC juga mendengarkan tanggapan para pecinta Jimny yang telah mengikuti uji kendaraan prototipe untuk menguji fungsi dan performa Jimny generasi keempat secara langsung.

Kata Yonezawa, Jimny generasi keempat tidak hanya mengandalkan keindahan yang dihasilkan oleh performa, tapi juga kepraktisan pada fitur-fiturnya. Fitur-fitur seperti Ladder Frame, 4WD dengan jangkauan gigi roda rendah, dan rigid axle suspension yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dikembangkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan performa, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara.

Dengan penerapan konsep tersebut, desain eksterior Jimny generasi keempat memiliki sudut-sudut tegas yang menjaga kendaraan agar tetap kokoh dan stabil. Beberapa fitur eksterior Jimny generasi keempat juga menggabungkan berbagai elemen rancangan yang disematkan pada generasi sebelumnya, sehingga menciptakan tampilan klasik tappi dengan sentuhan lebih modern.

Sementara interiornya dibuat lebih praktis dengan detail-detail fungsional, seperti fitur Panel Control, AC Auto Climate, serta bagasi yang lebih fleksibel dan dilengkapi luggage box.

"Dengan kelengkapan fungsi yang menyeluruh, Jimny generasi keempat diciptakan sebagai Jimny yang memiliki desain terbaik dalam sejarah Jimny, supaya dapat diterima dan semakin dicintai oleh konsumen," pungkas Yonezawa.

2019 Merdeka.com

Kata Penggemar Jimny

Bagaimana komentar penggemar terhadap New Jimny?

Salah seorang penggemar Jimny, sebut saja Bang Ucon asal Jakata, mengaku Jimny generasi keempat naik kelas dengan desain dan fitur sekarang. Apalagi harganya di level Rp300 jutaan.

"Tapi saya belum tahu detail nilai plus dari Jimny sekarang, yang membuatnya berani naik ke level harga Rp300 jutaan itu. Dulu saja Jimny Caribian harga barunya, tahun 2006, Rp115 jutaan. Sebelumnya lagi, Jimny Katana 4x2, masuk level bawah harga city car," ucap Bang Ucon pada Merdeka.com.

Diluncurkan di GIIAS tahun ini, Jimny generasi keempat ini memiliki beberapa varian. Varian terendah, single tone transmisi manual (MT), dibanderol Rp315,5 juta (on the road Jakarta). Kemudian Rp317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan Rp330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal).

Oya, New Jimny ini hanya menawarkan penggerak empat roda (4x4) untuk menunjang kemampuan off-road.

Baca juga:
Cerita 'Ikonik' Suzuki Jimny, Mobil Mini Jagoan Off-Road di Indonesia
Permintaan Global Tinggi, Inden New Suzuki Jimny Paling Cepat 6 Bulan di Indonesia
New Suzuki Jimny Rilis di GIIAS 2019, Harga Mulai Rp 315 Jutaan
Akan Dirilis di GIIAS 2019, New Suzuki Jimny 'Sold Out' di Kalimantan Selatan
Jadi mobil pertama Presiden Jokowi, Suzuki Jimny kebanjiran peminat di GIIAS 2018
Demi Jimny, Suzuki survei pasar dan mimpi bisa produksi di Indonesia

(mdk/sya)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com