Cerita Kolaborasi Erix Soekamti dan Toyota untuk Kekayaan Indonesia

OTOMOTIF | 5 Maret 2019 14:55 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Tubuhnya penuh tato dengan cambang ala superhero Wolverine. Gayanya memang nyentrik, seperti namanya Erix Soekamti. Ya, vokalis grup musik Endank Soekamti asal Yogyakarta ini tak sekadar nyentrik.

Dia punya energi yang luar biasa. Daya yang memesona bagi anak muda di Indonesia dengan sederet gelar penyanyi, konten kreator, pilot, peselam, dan sebagainya.

Pada medio Maret ini, Erix dan kawan-kawan punya pekerjaan yang luar biasa. Dia akan melanjutkan program Trip Salam Indonesia yang sukses digelar pada tahun lalu. Bila tahun lalu penuh spontanitas, Trip Salam Indonesia 2019 lebih dijadwal dan ditata alias well prepare. Tapi Rutenya tidak main-main; Yogyakarta-Atambua (perbatasan Timor Leste).

Erix memimpin 'perjalanan darat' dengan durasi selama 35 hari ini. Dimulai dari Yogjakarta, Erix dan tim, berjumlah 12 orang, akan mengunjungi berbagai kota di Jawa, Bali, dan Lombok dengan menggunakan New Avanza dan New Veloz.

Dari Yogyakarta, tim Trip Salam Indonesia akan menuju Jawa Timur untuk mendokumentasikan pesona indahnya kesenian dan alam Jawa Timur. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Bali dengan destinasi, antara lain Taman Ujung Karangasem, Desa Tenganan Karangasem, Yeh Malet Karangasem, dan Desa Bengkala Buleleng. Perjalanan berikutnya menuju Lombok dan Indonesia bagian timur.

Erix yang juga memiliki program Diary of Erix Soekamti (DOES) di kanal Youtube ini turut membantu mempublikasikan kegiatan selama Trip Salam Indonesia 2019. Harapannya, Trip Salam Indonesia 2019 mampu membangkitkan semangat dan motivasi para generasi muda Indonesia terhadap upaya pelestarian destinasi budaya dan pesona wisata Indonesia yang tersebar di berbagai daerah.

"Tujuan program Trip Salam Indonesia 2019 ini mengarsipkan seni-budaya Indonesia seperti adat dan tradisi yang kian langka. Maka itu, perjalanan ini akan menghasilkan konten video pengarsipaan produk seni-budaya itu sendiri, video perjalanannya, buku, dan laman Salamindonesia.id. Kami juga akan melibatkan komunitas lokal termasuk fans club Endank Soekamti di berbagai daerah untuk mengeksplorasi setiap daerah yang dikunjungi," ujar Erix yang dijumpai di sela media test drive New Toyota Avanza dan Veloz di Magelang, Jawa Tengah, kemarin (4/3).

Menurut Erix, program Salam Indonesia 2019 diharapkan memberikan value kepada anak-anak muda di negeri ini untuk berperan aktif menjaga dan mendokumentasi kekayaan budaya Indonesia ini.

erix soekamti dan new veloz 2019 2019 Merdeka.com

Didukung Toyota Indonesia

Yang menarik, Trip Salam Indonesia 2019 ini akan menggunakan tiga unit New Toyota Veloz. Ini sejalan dengan keberadaan New Avanza dan New Veloz dalam mendukung aktivitas peserta program ini sesuai tagline kedua real MPV kebanggaan Toyota Indonesia ini: "Part of Indonesian Greatness".

Kami mendukung program Trip Salam Indonesia 2019 sebagai upaya mengeksplorasi budaya dan potensi pesona alam yang dimiliki berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan semakin memperluas wawasan masyarakat dan generasi mendatang terhadap berbagai kebudayaan berserta potensi pesona alam. Harapannya, dokumentasi yang dibuat dalam perjalanan Trip Salam Indonesia 2019 bisa menjadi salah satu referensi budaya bagi berbagai kalangan masyarakat. Seluruh dokumentasi perjalanan ini akan dapat diakses melalui channel youtube Erix Soekamti dan Toyota Indonesia, ujar Anton Jimmi Suwandy, Director Marketing PT Toyota-Astra Motor.

Erix sendiri mengaku senang bisa bekerja sama dengan Toyota Indonesia. Sebab 'trip darat' ini bisa menggunakan New Toyota Avanza Veloz yang sudah teruji performanya.

"Kami senang karena mobil New Avanza Veloz sduah teruji performanya. Karena medan jalan di trip ini tidak bisa diprediksi, sehingga durabilitas atau daya tahan kendaraan yang kami pakai juga harus bagus. Dia mencontohakn saat trip trahun lalu, di Flores, medan jalannya sangat sulit karena berpasir dan harus melewati sungai," ujarnya.

DNA Avanza Sudah Teruji

Avanza memang didesain untuk menjadi kendaraan keluarga atau MPV dengan karakter atau DNA yang mampu memenuhi perkembangan kebutuhan mobilitas masyarakat dari waktu ke waktu. Rancangan Avanza didahului survei untuk mengetahui karakter sosiologis dan mobilitas keluarga Indonesia serta kondisi infrastruktur atau jalanan di berbagai daerah Indonesia.

Kehadiran New Avanza dan New Veloz diharapkan mampu mengikuti kesuksesan pendahulunya yang tercatat bertahan sebagai market leader, terhitung sejak diperkenalkan pada akhir 2003 dan resmi dipasarkan pada awal 2004 dan menjadi mobil MPV dengan penjualan terbanyak dengan membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit di 15 tahun kehadirannya di Indonesia. Sejatinya, Avanza pun sangat diterima di lebih dari 30 negara di dunia.

New Avanza dan New Veloz memberikan kesan yang berbeda dengan tampil lebih modern, lebih lengkap dan juga lebih nyaman, tanpa meninggalkan DNA utamanya yang memang sudah diterima dengan baik oleh penggunanya di Indonesia dan menjadi salah satu faktor keberhasilan produk kendaraan terlaris di Indonesia, kata Anton.

Selain kenyamanan, Avanza dikenal sebagai kendaraan tahan banting karena mempunyai durability yang tangguh. Ini antara lain lahir dari penggunaan sistem rangka semi monocoque dan sistem roda penggerak belakang atau rear wheel drive (RWD) yang tetap dipertahankan sampai saat ini.

Dengan sistem RWD, memungkin Avanza mempunyai akses yang lebih mudah untuk memasuki jalan-jalan sempit. Desain Avanza ini ditunjang dari hasil survey kondisi masyarakat Indonesia yang sebagian tinggal di kawasan dengan infrastruktur jalan yang relatif kecil.

Sistem penggerak roda belakang membuat Avanza mempunyai daya dorong yang lebih kuat sehingga kinerja terlihat lebih unggul pada saat melalui jalanan penuh tanjakan, sehingga kendaraan ini tidak hanya nyaman dikendarai di dalam kota tapi juga dalam perjalanan ke luar kota. Kaki-kakinya terus mendapat improvement, sehingga bantingannya terasa semakin lembut, terutama melewati kondisi jalanan yang jelek.

(mdk/sya)